Sekolah Buat Jadwal Kunjungan Guru di Rumah Siswa – Kendari Pos
Edukasi

Sekolah Buat Jadwal Kunjungan Guru di Rumah Siswa

Siswa SMAN 5 tetap antusias datang ke perpustakaan sekolah untuk membaca dan meminjam buku, sekalipun aktivitas belajar mengajar digelar secara online

KENDARIPOS.CO.ID — Di tahun ajaran 2020/2021, seluruh sekolah di Sultra menerapkan proses belajar mengajar (PBM) secara daring (online) dan luring (luar jaringan). Meski begitu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra meminta sekolah tidak hanya fokus soal belajar saja. Sekolah juga dituntut membuat jadwal kunjungan guru ke rumah siswa.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengatakan, selama pandemi Covid-19, masing-masing sekolah sudah menyiapkan standar operasional pembelajaran (SOP) dalam PBM baik daring maupun luring.
“Kalau PBM luring, umumnya dilaksanakan di daerah yang terkendala jaringan. Namun, tidak menutup kemungkinan dilakukan di daerah yang tak terkendala jaringan, misalnya siswa yang tak punya android. Metode luring ini setidaknya dilakukan seminggu sekali. Sekolah juga diminta membuat jadwal kunjungan guru ke rumah-rumah siswa, dalam waktu dan kondisi tertentu,” paparnya.

Akademisi UHO itu menjelaskan SOP aktivitas belajar mengajar daring dan luring telah dibuat setiap sekolah. Tentunya, mengacu Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020. “Prosedurnya mengacu pada surat edaran dari pusat. Yang jelas setiap sekolah ada SOP baik daring maupun luring, dengan begitu hasil yang diinginkan bisa tercapai,” ujarnya.

Ia menambahkan, belajar dengan metode daring adalah belajar yang dilakukan melalui video conference lewat aplikasi zoom. Sedangkan, tambah dia, luring adalah pembelajaran di luar jaringan seperti membuat posko di sekolah, sebagai tempat informasi peserta didik dan meminjam buku untuk bahan ajarnya. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy