Salut Sumbangsih Nakes dan Relawan, Pemkot Kendari Siapkan Insentif dan Asuransi Kesehatan – Kendari Pos
Metro Kendari

Salut Sumbangsih Nakes dan Relawan, Pemkot Kendari Siapkan Insentif dan Asuransi Kesehatan

Seluruh relawan Covid-19 hingga di tingkat RT ke dalam BP Jamsostek. Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir (kanan) menyerahkan secara simbalis kartu perlindungan kesehatan terhadap relawan covid-19.

KENDARIPOS.CO.ID — Paramedis atau tenaga kesehatan (nakes) dan relawan menjadi ujung tombak dalam upaya percepatan penanganan virus corona di Kota Kendari. Tidak mengherankan, Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir memberi perhatian lebih baik melalui insentif maupun asuransi kesehatan. Sebagai garda terdepan, para tenaga maupun relawan harus diberikan perlindungan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi kerja keras petugas medis yang menjadi garda depan ditengah wabah corona (Covid-19). Ia mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya pada dokter, perawat, dan rumah sakit yang melayani serta merawat para pasien di tengah pandemi corona.

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir (tengah) memimpin rapat sosialisasi DAK non fisik. Salah satunya dipergunakan untuk penanganan covid-19

Sebagai bentuk penghargaan, pihaknya memastikan akan memberikan insentif bagi tenaga medis yang menangani kasus corona. Insentif tersebut akan diambil dari alokasi dana Belanja Tidak Terduga (BTT) serta hasil recofusing dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari

“Seluruh petugas yang menangani langsung pasien kami berikan insentif per orang kita akan berikan Rp 200 ribu per hari. Itu di luar insentif yang diatur oleh pemerintah pusat,” kata Sulkarnain kemarin.

Bukan hanya itu, pihaknya juga memberikan perlindungan melalui pengikutsertaan tenaga medis dan seluruh relawan Covid-19 hingga di tingkat RT ke dalam BP Jamsostek (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan).

“Kita semua ingin seluruh orang yang terlibat dalam penganganan Covid-19 dapat bekerja dengan tenang karena ini merupakan pekerjaan yang masuk kategori high risk dan kedepannya tidak hanya petugas kesehatan, tetapi seluruh personil gugus tugas Covid-19 akan didaftarkan ke dalam program ini,” ungkapnya.

Adapun perlindungan BP Jamsostek yang dimaksud, lanjut Sulkarnain yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). “Ini sudah jadi tanggungjawab pemerintah untuk melindungi mereka,” ujarnya.

Sulkarnain berharap, apresiasi yang diberikan setidaknya bisa memberikan ketenangan kepada paramedis maupun tenaga relawan jika ada resiko yang mereka hadapi itu pemerintah tidak tingggal diam. Di sisi lain, ia meminta para nakes yang bertugas di puskesmas, RSUD maupun di Dinas Kesehatan agar terus meningkatkan kemampuannya serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, terutama dalam upaya penanganan Covid-19.

Upaya tersebut sambung dia, sejalan untuk menciptakan Kota Kendari sebagai kota layak huni yang butuh kinerja maksimal dibidang kesehatan. “Tidak mungkin bermimpi menjadi kota layak huni kalau sektor kesehatan tidak diurus secara maksimal. Kitalah wajah Kota Kendari di masyarakat yaitu kinerja petugas yang berada di puskesmas, RSUD dan dinas kesehatan,” ujarnya.

Sejauh ini, apa yang dikerjakan Dinas Kesehatan beserta jajaran masih pada jalur yang tepat “on the track ”. Untuk itulah, garus tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. “Mari kita kerja sesuai tupoksi, profesional, berikan pelayanan yang terbaik, Insyah Allah jika semua kita lakukan bisa mempercepat penanganan wabah ini,” pungkasnya. (b/adv/ags)

Perlindungan Nakes dan Relawan

  1. Intensif (Khusus Nakes)
    Rp 200 Ribu Perhari (Diluar Intensif Pusat)
  2. Asuransi Kesehatan
    Kecelakaan Perawatan Medis Gratis
    Meninggal Dunia Santunan Ahli Waris Rp 42 Juta
    Meninggalkan Anak Santunan Beasiswa hingga Rp 174 Juta
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy