RTRW Konkep Ditarget Tuntas Tahun Ini – Kendari Pos
Konawe Kepulauan

RTRW Konkep Ditarget Tuntas Tahun Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Pembahasan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI beberapa waktu lalu, belum membuahkan hasil. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konkep, belum mengantongi dokumen yang menjadi rujukan arah pembangunan di Pulau Wawonii. Dokumen RTRW yang sudah ditetapkan 2018 lalu oleh Pemkab dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), masih harus dibahas ulang di Kementerian ATR.

Pasalnya, pemerintah di wilayah itu tidak memasukan sedikitpun ruang usaha pertambangan untuk melakukan aktifitasnya di Bumi Wawonii. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Safiudin Alibas, mengatakan, pihaknya terus menggodok agar RTRW Konkep bisa secepatnya ditetapkan. Ia mengaku, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat agar dokumen tersebut bisa secepatnya tuntas.

“Kita diberi target Bulan Mei. Tapi tiga bulan terakhir ini kami tidak bisa apa-apa karena adanya Covid-19. Saat ini RTRW Konkep kami terus godok,” kata Kepala Bappeda Konkep, Safiudin Alibas, Kamis (2/7). Ia menjelaskan, RTRW Konkep, menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya Pemkab Konkep dan Pemerintah Pusat. Namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) juga ikut bertanggung jawab, karena melakukan supervisi dan pembinaan.

“RTRW Konkep ini juga melibatkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan stekholder. Karena dokumen ini wajib dan sangat menentukan arah pembangunan Wawonii 20 tahun ke depan,” katanya. Didampingi Kepala Seksi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bappeda Konkep, Dian Pramesuare, pihaknya selalu update tentang dokumen RTRW Konkep. Pihaknya sudah melakukan penjadwalan ulang pembahasan dokumen tersebut, agar secepatnya dapat dituntaskan. “2020 ini kita targetkan harus selesai, agar pembangunan kita bisa terarah,” tandasnya. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy