Rp 4 Miliar Dana Pemulihan Ekonomi Dikembalikan – Kendari Pos
Kolaka Timur

Rp 4 Miliar Dana Pemulihan Ekonomi Dikembalikan

KENDARIPOS.CO.ID — Plot anggaran cadangan untuk pemulihan ekonomi melalui dana alokasi khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat
diperoleh Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim). Dana tersebut terbagi untuk tiga bidang, yakni perikanan khusus pengadaan alat tangkap, melekat pada Dinas Tanaman pangan dan Peternakan, sektor pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, serta bidang afirmasi jalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Perhubungan.

Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Pemkab Koltim, Dewa M.R, mengatakan, dana pemulihan cadangan tersebut telah masuk dalam perencanaan Pemkab Koltim. Tetapi karena pandemi Covid-19 maka dana tersebut direfocusing dan dialihkan Pemerintah Pusat. Tetapi kemudian dalam perjalanannya, sub DAK tersebut dikembalikan ke daerah. Makanya, ia menyampaikan agar dinas teknis segera melengkapi dokumen lelang proyek tersebut, agar segara ditayangkan secara terbuka.

“Siapa pun boleh masuk leleng, terbuka. Tetapi dokemen diajukan harus lengkap dan mengikuti prosedur yang ada,” kata Dewa, Jumat (17/7). Ia menjelaskan, dana pemulihan ekonomi itu sebelumnya ditarik kemudian dikembalikan lagi. Tetapi yang kembali sekitar Rp 4 miliar. Sesuai surat pemberitahuan, anggaran tersebut telah dibagi-bagi berdasarkan perencanaan. “Lebih cepat berkas lelangnya ada, maka segera juga akan ditender. Apalagi kelengkapan dokumen paling lambat 31 Agustus 2020. Karena rentang waktu bulan Juli-September, dana tahap pertama terserap. Kami harap OPD teknis yang ada dana pemulihan ekonomi, mempercepat pengurusan dokumennya. Kami hanya menunggu administrasi lengkap dan langsung ditayangkan,” ungkap dia.

Sementara itu, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Koltim, Edy Aidil Madjid, mengaku, jika dana pemulihan ekonomi yang melekat pada instansinya sebesar Rp 380 juta untuk pengerjaan jalan setapak wisata. “Kami masih proses kelengkapannya setelah itu diserahkan ke bagian Pengadaan Barang Jasa Pemkab Koltim,” imbuhnya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy