Rp 10 Miliar DAK Fisik Muna Dikembalikan – Kendari Pos
Muna

Rp 10 Miliar DAK Fisik Muna Dikembalikan

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagian dana alokasi khusus (DAK) fisik di Muna yang mengalami refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, akhirnya dikembalikan pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Dari Rp 29 miliar proyek DAK yang sebelumnya diumumkan batal lelang, Rp 10 miliar diantaranya dipastikan kembali tayang. Kuasa pengguna anggaran itu berasal dari tiga instansi.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Muna, La Mahi, menerangkan mata anggaran DAK yang dikembalikan itu diantaranya melekat pada Dinas Perikanan senilai Rp 2,5 miliar untuk program bantuan kapal dan alat tangkap nelayan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang senilai Rp 5 miliar untuk pembangunan jaringin irigasi di Labulu-bulu dan Lamanu, serta Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja senilai Rp 2,6 miliar untuk pembukaan jalan Desa Pola dan Labulawa. “Tiga item sudah resmi kembali,” jelasnya, Selasa (14/7).

La Mahi menambahkan, Pemerintah Pusat memutuskan mengembalikan sebagian DAK untuk menjaga belanja pemerintah terutama pada program yang bisa diswakelola langsung. Tujuannya agar mengejar serapan anggaran. Makanya, instansi terkait diminta segera merealisasikan ketiga program tersebut paling lambat bulan depan “Agustus sudah harus mulai terserap,” paparnya. Lebih jauh, La Mahi menyebutkan total refocusing hanya mencapai Rp 19 miliar dari Rp 197 miliar jumlah keseluruhan DAK fisik tahun 2020.

Hal itu patut disyukuri karena sebelumnya Kementerian Keuangan mewacanakan pengalihan anggaran DAK Muna sebesar Rp 29 miliar. Beberapa program yang mengalami pengalihan menjadi dana Covid tersebut antara lain proyek pengerjaan jalan Wakadia senilai Rp 3,6 miliar dan dana pembangunan 100 unit perumahan transmigrasi di Raimuna senilai Rp 8 miliar. Kendati demikian, program itu akan dianggarkan kembali tahun depan. “Dana yang dialihkan akan diprioritas dianggarkan kembali,” pungkasnya. (b/ode).

Mata anggaran DAK yang dikembalikan :

  • Dinas Perikanan : Rp 2,5 miliar
  • Untuk program bantuan kapal dan alat tangkap nelayan
  • Dinas PU PR : Rp 5 miliar
  • Untuk pembangunan jaringin irigasi di Labulu-bulu dan Lamanu
  • Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja : Rp 2,6 miliar – – Untuk pembukaan jalan Desa Pola dan Labulawa

Program yang dialihkan untuk dana Covid-19 :

  • Proyek jalan Wakadia Rp 3,6 miliar
  • Pembangunan 100 unit perumahan transmigrasi di Raimuna Rp 8 miliar
    *) Kegiatan itu akan dianggarkan kembali tahun depan.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy