Revisi RTRW di Konsel Siap Diuji Publik – Kendari Pos
Konawe Selatan

Revisi RTRW di Konsel Siap Diuji Publik

Para anggota Bapemperda DPRD Konsel usai rapat internal membahas materi revisi RTRW daerah yang akan segera diuji publik.

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Konawe Selatan (Konsel) sedang fokus membahas perubahan Perda Rencana Tata Ruang dan Wilauay (RTRW). Sejauh ini, sejak pimpinan Bapemperda yang baru bekerja, tahapannya sudah masuk tahap uji publik. “Pembahasan RTRW tidak mandek, justru saat ini berjalan dan akan uji publik sebelum penetapan,” ungkap Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, kemarin.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, Raperda RTRW resmi diserahkan Pemkab dan diparipurnakan di DPRD pada 13 Februari 2020, bukan November 2019. Setelah penyerahan itu, baik Legislatif maupun instansi lain diinstruksikan untuk bekerja dari rumah. “Covid-19 ini menghambat proses kerja tatap muka. Termasuk membahas revisi RTRW. Selain itu, dokumen yang diserahkan Pemkab belum sempurna, nanti April baru dilengkapi,” jelas Irham Kalenggo.

Memasuki bulan Mei, pihaknya harus menuntaskan LKPJ Bupati yang tenggang waktunya penyelesaiannya hanya 30 hari, sesuai perintah undang-undang, dan tidak boleh diundur. Terkait persetujuan substansi (Persub) oleh Kementerian ATR, pihaknya sangat menghargai. Tetapi bukan berarti langsung ditetapkan. “Makanya saat ini Bapemperda sedang konsen membahas itu. Raperda ini sangat sensitif, jangn hanya berpikir investor dan proyek, di sana ada masyarakat yang akan menanggung efeknya. Kami duduk di sini sebagai wakil rakyat, maka keputusan kami harus atas kehendak rakyat. Kami harus bertanya ke masyarakat,” tegas Irham Kalenggo.

Untuk uji publik, pihaknya akan turun lapangan mendengarkan tanggapan masyarakat. Apakah kawasan yang dijadikan lokasi pengembangan industri, pertanian, perumahan dan lainnya, pantas atau tidak. “Revisi RTRW pasti jadi, hanya soal waktu. Persub akan berakhir sampai November. Pasti selesai sebelum itu, Bapemperda sudah bekerja maksimal,” tandasnya.

Di tempat sama, Ketua Bapemperda, Sarifudin Pariwusi, menjelaskan, sejak terpilih April lalu, pihaknya sudah melaksanakan rapat internal. Mereka berusaha membahas Raperda RTRW secara objektif dan profesional. Sarifudin menilai, RTRW sangat ekslusif dibanding Raperda lain, karena dianggap sebagai pondasi bagi Konsel dan acuan berbuat ke depan.

“Kami harus hati-hati bahas teknisnya. Kami harus pastikan tidak ada yang bertentangan dengan aturan. Juga terkait asas manfaat untuk masyarakat Konsel. Kami perwakilan rakyat, salah satu tahapan wajib untuk kami tetapkan adalah konsultasi publik dulu. Setelah itu akan kembali kita bahas dengan internal dan OPD terkait,” jelasnya diamini koleganya, Ketua Komisi I DPRD Konsel, Nadira. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy