Rencana Kegiatan Sekolah Harus Matang – Kendari Pos
Metro Kendari

Rencana Kegiatan Sekolah Harus Matang

Asrun Lio

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Dikbud Sultra meminta sekolah memasukkan sekanario persiapan new normal dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS). Kerena RKS tersebut akan menjadi acuan verifikasi Dikbud terhadap sekolah yang akan menerapkan new normal.

Plt. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengungkapkan, pemerintah telah merencanakan untuk menerapkan new normal pada tahun ajaran baru, dengan menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu pihaknya menghimbau sekolah-sekolah di Sultra, khususnya yang berada di zona hijau seperti Konawe Kepulauan dan Bombana untuk memasukkan persiapan new normal pada RKS. Dengan begitu pihaknya dapat menilai sekolah mana yang sangat bisa melaksanakan Proses Belajar Mengajar (PBM) secara tatap muka.

“Untuk penerapan new normal ini kami tinggal tunggu instruksi dari pemerintah pusat, tetapi sekolah sudah bisa menyiapkan berbagai persiapannya. Sebelum memulai PBM tatap muka persiapan tersebut harus dimasukkan di RKS. RKS-nya harus matang,” ungkapnya.

Lanjutnya, meski sekolah telah melakukan persiapan namun RKS nya tidak ada atau tidak sesuai maka sekolah tersebut maka tidak bisa laksanakan PBM secara tatap muka.

Anggaran persiapan new normal, sekolah akan memanfaatkan semua dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk keperluan penanganan Covid-19. “Sekolah menyiapkan peralatan seperti masker, tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh dan lainnya yang mendukung pencegahan dan penyebaran Covid-19. Itu semua bisa menggunakan dana BOS, jadi sekolah yang mau memberlakukan new normal itu, harus menyiapkan syarat itu. Selanjutnya tim verifikasi akan menilai kelayakan, termasuk syarat RKS tadi,” ujarnya.

Asrun menambahkan, pihaknya saat ini tengah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) pembelajaran daring bagi sekolah yang tidak bisa melakukan PBM secara tatap muka. “Mudah-mudahan ke depannya kondisi pandemi Covid-19 ini cepat berlalu, dan aktivitas pendidikan bisa kembali normal,” harapnya. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy