Rekrutmen PPDP Berakhir Hari Ini – Kendari Pos
Politik

Rekrutmen PPDP Berakhir Hari Ini

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak bakal dihelat 9 Desember mendatang. Sejumlah daerah pilkada di Sulawesi Tenggara (Sultra) tercatat masih berstatus zona merah. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan batasan usia bagi penyelenggara ad hoc atau petugas Pilkada 2020. Minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun.

Petugas Pilkada 2020 adalah mereka yang menjadi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Ketentuan tersebut diatur dalam Peraturan KPU ( PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam Kondisi Bencana Nonalam COVID-19. Peraturan itu diterbitkan 7 Juli 2020.

Batas usia maksimal PPDP dimuat dalam Pasal 19 angka 2 PKPU Nomor 6 Tahun 2020. Bunyinya: “Syarat usia untuk menjadi PPDP pada Pemilihan Serentak Lanjutan paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 50 tahun. Sementara batas usia maksimal KPPS diatur di Pasal 20 angka 2 yang berbunyi: Syarat usia untuk menjadi KPPS pada Pemilihan Serentak Lanjutan paling rendah 20 tahun dan paling tinggi 50 tahun.

“Karena pertimbangan Covid-19 sehingga usia penyelenggara dibatasi minimal 20 tahun dan maksimal 50 tahun,” ungkap Dr. La Ode Abdul Natsir Muthalib, Ketua KPU Sultra, kemarin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra mencatat tujuh kabupaten yang gelar Pilkada membutuhkan 2.087 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Rekrutmen PPDP dilakukan sejak 24 Juni hingga 14 Juli (hari ini). Masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), ada satu PPDP. Proses pelantikan anggota PPDP yang tersebar pada tujuh kabupaten segera dilakukan. Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini mengatakan, sesuai PKPU nomor 6, kata dia, pelantikan PPDP yang dilakukan KPU kabupaten/kota harus dengan sistem daring atau secara tatap muka namun mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

Ojo-sapaan akrab La Ode Abdul Natsir menambahkan, petugas PPDP akan bekerja melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih dengan door to door. Karena mereka bekerja di lapangan, harus sehat jasmani-rohani dan tidak terpapar pandemi. Karena itu mereka menjalani rapid test sebelum bertugas. Mereka juga akan menjadi petugas KPPS pada TPS wilayah kerjanya. “Saat menjalankan tugas, mereka akan dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindari dari penyebaran pandemi Covid-19,” ungkapnya. (m6/b)

PPDP Masing-masing Daerah:
Muna : 408 orang

Konsel : 632
orang
Wakatobi : 274 orang

Konut : 200 orang
Butur : 169 orang

Koltim : 303 orang
Konkep : 101 orang
Total : 2.087 orang

Beberapa Persyaratan PPDP:
-Berusia diantara 20 hingga maksimal 50 tahun
-Sehat jiwa dan tidak memiliki riwayat penyakit degeneratif
-Bersedia bekerja melakukan pencocokan dan penelitian dari rumah ke rumah di wilayah kerjanya
-Bersedia mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan pencegahan
penyebaran COVID-19

Sumber: KPU Sultra

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy