Refocusing Anggaran, Pengaspalan Jalan di Butur Tertunda – Kendari Pos
Buton Utara

Refocusing Anggaran, Pengaspalan Jalan di Butur Tertunda

Abu Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Kondisi jalan rusak di Kabupaten Buton Utara (Butur) masih menjadi persoalan serius. Mayoritas masyarakat menyoroti akses transportasi darat tersebut karena belum memadai. Jalan berlubang, berlumpur ketika musim hujan dan berdebu saat kemarau, karena belum tersentuh pengaspalan.

Dana miliaran rupiah sebelumnya tertera dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Butur diproyeksi untuk pembangunan infrastruktur dasar, justru dipangkas. Bahkan, dua kegiatan pengaspalan jalan desa di Desa Konde dan Karya Bhakti dicoret akibat realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Penyebaran Covid-19 tak hanya melumpuhkan ekonomi. Tetapi, juga menghambat pembangunan daerah. Anggaran miliaran rupiah dana alokasi khusus ditiadakan dan dana alokasi umum dipangkas. Makanya, ruas jalan yang harus diaspal tahun ini volumenya dikurangi. Bahkan dua kegiatan pengaspalan di jalan desa harus diprogramkan ulang tahun depan,” ujar Abu Hasan saat ditemui, kemarin.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengungkapkan, pembangunan daerah akan terus dilanjutkan dengan porsi anggaran yang ada. Semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab dengan infrastruktur memadai, maka dapat membantu mobiliasi warga memenuhi kebutuhannya yang masyoritas sebagai petani di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut.

“Semua program terbengkalai. Organisasi Perangkat Daerah sebagai ujung tombak pembangunan juga tak dapat berbuat apa-apa akibat penyebaran Covid-19 ini. Sebanyak empat kali pemotongan anggaran merupakan intruksi Pemerintah Pusat. Kit tidak bisa tolak. Tentu, masyarakat harus bersabar ditengap krisis keuangan saat ini,” tandas Abu Hasan. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy