Refocusing Anggaran di Baubau, Proyek Pelebaran Tiga Saluran Ditunda – Kendari Pos
Bau-bau

Refocusing Anggaran di Baubau, Proyek Pelebaran Tiga Saluran Ditunda

KENDARIPOS.CO.ID — Refocusing dan realokasi anggaran untuk penanganan virus corona mengakibatkan sejumlah pengerjaan proyek di Kota Baubau tidak dapat direalisasikan. Salah satunya adalah proyek pelebaran tiga titik gorong-gorong. Dana untuk maksimalisasi saluran air tersebut dialihkan. Akibatnya, pengerjaan proyek itu batal. Informasi tersebut disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali.

“Tahun ini ada. Sebanyak tiga titik kita usulkan untuk perbaikan. Anggarannya tidak terlalu besar, setiap titik kisaran Rp 150 juta. Tapi karena ada pengurangan anggaran untuk kebutuhan Covid-19, maka dana itu diambil (dialihkan),” kata La Ode Muslimin Hibali, Selasa (14/7). Menurutnya, pelebaran gorong-gorong dilakukan sebagai upaya antisipasi bencana banjir. Sebab, tiga titik saluran tersebut sangat kecil sehingga aliran air ketika hujan turun tidak maksimal.

“Gorong-gorongnya terlalu kecil. Sehingga air meluap di jalan. Masing-masing bagian lingkungan Liabuku, Karing-karing dan Wakonti. Aliran air di kawasan itu memang harus diperlebar. Kita sudah perhitungkan. Kalau tidak, air akan tetap meluap saat hujan datang,” sambung La Ode Muslimin.

Selain proyek pembangunan gorong-gorong, bantuan untuk korban bencana yang bersumber dari APBN 2020 juga belum ada. Penyebabnya karena pandemi yang melanda sejumlah daerah di Sultra. Sehingga proses pengiriman terhambat. “Biasanya untuk bantuan korban bencana adalah family kit dan makanan. Tapi sampai sekarang belum ada. Bantuan bencana dari APBN yang ada pada kami saat ini, hanya sisa bantuan 2019 lalu. Itupun tersisa family kit,” pungkasnya. (c/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy