Raperda RTRW Koltim Disetujui DPRD – Kendari Pos
Kolaka Timur

Raperda RTRW Koltim Disetujui DPRD

Bupati Koltim H. Tony Herbiansyah (sembilan kiri) bersama Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir (delapan kiri) dan jajaran anggota DPRD Koltim serta Forkopimda usai rapat paripurna dengan agenda persetujuan penetapan Raperda RTRW Koltim.

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur berupaya agar Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) cepat tuntas dan diundangkan menjadi peraturan daerah (Perda). Terbaru, Pemkab Koltim bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah menyetujui rancangan peraturan daerah (Raperda) RTRW Koltim.

Bupati Koltim, H. Tony Herbiansyah mengatakan, RTRW merupakan roh pembangunan daerah. Untuk itu, isinya tentu secara terperinci, hati-hati dalam penyusunan secara teratur dan terstruktur sesuai intruksi Kementeria Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia.

“Semuanya melalui mekanisme, sesuai amanat undang-undang nomor 26 tahun 2007. Alhamdulillah Pemkab telah menyiapkan Raperda RTRW dan telah diparipurnakan. Muda-mudahan RTRW Koltim cepat diundangkan menjadi Perda Koltim, tentu melewati proses sesuai aturan yang ada,” ujar Ketua DPW NasDem Sultra itu.

Mantan Kepala BKD Sultra ini mengatakan, RTRW ini menjadi acuan perencanaan daerah selama 20 tahun kedepannya. Melihat sebagai acuan pembangunan RTRW ini diharapkan visi, misi dan rencana pembangunan jangka panjang daerah, karakteristik daerah, tepat sasaran.

Mantan Wakil Bupati Konawe ini menyampaikan, sesuai amanah undang-undang nomor 26 Tahun 2007, bahwa penetapan Raperda RTRW perlu terlebih dahulu memperoleh persetujuan subtansi dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Sementara itu, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir mengaku, secara administrasi Raperda RTRW telah diparipurnakan. Artinya secara umum DPRD telah menyetujui Raperda tersebut, untuk dilanjutkan pada tingkat pembahasan lebih lanjut. Meskipun dua fraksi PAN dan PDIP walk out atau menyetujui tetapi dengan bersyarat administrasi dari lima fraksi.

Suhaemi mengatakan, proses Raperda RTRW ini masih panjang perjalanannya, yakni mendapat persetujuan Pemprov serta validasi kemudian dilanjutkan kepada Kementerian ATR di Jakarta. “Saya harapkan RTRW ini secepatnya tuntas dan bisa diundangkan menjadi peraturan daerah,” imbuhnya. (kus/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy