Proyek Pembuatan Embung Desa di Kecamatan Lohia Disorot – Kendari Pos
Aneka

Proyek Pembuatan Embung Desa di Kecamatan Lohia Disorot

KENDARIPOS.CO.ID — Hasil pekerjaan pembangunan embung Desa Waara di Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, diduga tidak sesuai spesifikasi. Alih-alih menampung air, embung tersebut justru menjadi tempat mengendapnya sedimentasi lumpur akibat hujan. Sorotan tersebut dilontarkan langsung Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan. Politikus senior Partai Golkar itu mengungkapkan kekesalannya setelah menerima laporan masyarakat. Ia menduga kontraktor pelaksana proyek embung tidak mengerjakan sesuai dokumen kontrak. Namun untuk memastikan dugaan itu, Ridwan mengaku akan meninjau lokasi tersebut lebih dulu.

“Dalam waktu dekat saya bersama Kepala Balai (Wilayah Sungai IV Sulawesi) akan ke lapangan,” jelasnya. Proyek Embung Desa Waara yang disoroti itu dibangun tahun 2019 dengan anggaran Rp 6 miliar. Pekerjaan itu melekat pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan merupakan hasil aspirasi Ridwan. Sesuai perencanaan, embung tersebut semestinya bisa dimanfaatkan untuk keperluan pertanian. Namun setahun pasca dibangun, embung itu belum sama sekali menampung air.

“Kita identifikasi dulu seperti apa masalahnya, mungkin ada kebocoran atau hal lain,” terangnya, kemarin. Embung tersebut memiliki luasan lahan lebih kurang dua hektare. Sementara luasan genangannya mencapai 1,18 hektare dengan elevasi kurang lebih 38 meter. Volume tampung embung terhadap air hujan diproyeksikan mencapai 32 meter kubik. Namun tak ada genangan air terlihat di lokasi embung, selain lumpur yang mulai mengeras menjadi dataran tanah baru. Padahal embung itu ditargetkan menjadi sumber air baru bagi masyarakat terutama di musim kemarau. “Masalah ini akan dibahas di Komisi (V DPR RI),” janji Ridwan. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy