Program Guru Penggerak Bukan untuk Atasi Masalah Pandemi – Kendari Pos
Nasional

Program Guru Penggerak Bukan untuk Atasi Masalah Pandemi

Guru kelas VI SDN 4 Penganjuran membagikan rapor dan SKL kepada wali murid dengan menerapkan protokol pencegahan persebaran virus korona.


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui program Guru Penggerak, berharap meningkatkan ekosistem kualitas pendidikan di Indonesia. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Iwan Syahril pun menegaskan, bahwa program ini bukan untuk menangani permasalahan yang ada selama pandemi Covid-19.

Di mana program tersebut berdasarkan data dan refleksi di lapangan terkait kepemimpinan pendidikan di Indonesia. Atas dasar tersebutlah, pihaknya mencetuskan program Guru Penggerak. “Ini bukan program reaktif kepada pandemi, tapi merupakan program yang dibuat untuk investasi masa depan pendidikan Indonesia,” jelasnya dalam webinar, Senin (13/7).

Ia pun melanjutkan, program ini merupakan penanaman bibit kepemimpinan di masa mendatang. Jika nanti memiliki dampak terhadap pemanfaatan teknologi di masa pandemi, itu merupakan bonus.

“Yang kita fokuskan ketika kita merencanakan ini, ini kan bukan program baru, udah lama kita rencanakan, itu adalah untuk (mengatasi) apa yang menjadi kelemahan dari sistem pendidikan Indonesia selama ini,” ujar dia.

Pasalnya, menurut dia berdasarkan konteks sosiokultural atau keadaan sosial budaya di Indonesia, ketika memiliki pemimpin yang baik, itu mampu untuk meningkatkan kualitas orang di sekelilingnya. Artinya, ekosistem pendidikan pun akan meningkat.

“Alangkah baiknya kalau kita membuat sebuah program kepemimpinan masa depan yang betul-betul kita jaga kualitasnya dan kita lihat dari berbagai pelatihan,” ungkapnya.(jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy