Poltekkes Kendari-Balitbang Bangun Kemitraan – Kendari Pos
Edukasi

Poltekkes Kendari-Balitbang Bangun Kemitraan

KENDARIPOS.CO.ID — Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari menjalin kerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Sultra. Kemitraan ini terkait pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, pelatihan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

Direktur Poltekkes Kendari, Askrening mengatakan, kerja sama antara Poltekkes dengan Balitbang sebelumnya sudah pernah terjalin (2019), bahkan Poltekkes pernah mendapatkan penghargaan dari Balitbang terkait penelitian daerah pesisir.

Dijelaskan bahwa MoU ini dapat lebih maksimalkan pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ke depannya. Apalagi saat ini Balitbang masih kekurangan tenaga.

“Saya akan komunikasikan dengan Kepala Balitbang agar mahasiswa dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan, utamanya terkait dengan pelaksanaan penelitian,” ujarnya seusai MoU, Selasa (30/6).

KeMitraan yang dibangun kedua belah pihak, sangat membantu Poltekkes. Lanjut Askrening, mengingat pembiayaan kegiatan selama ini diambil dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN).

“Alhamdulillah kerja sama ini dapat meningkatkan pengembangan penelitian, pengabdian dosen dan mahasiswa. Sehingga selalu menciptakan inovasi yang memberi dampak positif bagi daerah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Balitbang Sultra, Sukanto Toding menuturkan, Balitbang sebagai unit kerja yang diarahkan untuk mendorong inovasi dan daya saing daerah. Tentu kehadiran Poltekkes yang mengkhususkan diri dibidang kesehatan sangat dibutuhkan perannya dalam rangka menciptakan inovasi terbarukan.

“Contoh inovasi yang sudah kita pernah kerjasama, pembuatan teknologi berbahan dasar ulat sagu. Dimana ulat sagu bisa digunakan sebagai pengganti telur karena kandungan proteinnya sangat tinggi,” tuturnya.

Lanjut dia, apalagi Poltekkes sendiri sudah mempunyai beberapa desa binaan yang dapat bersinergi dengan Balitbang. Misalnya, di suku bajau yang mempunyai kearifan lokal yang dapat diangkat sebagai destinasi pariwisata yang menarik.
Ia pun berharap, dengan semakin banyaknya pengabdian dan penelitian yang dikembangkan Poltekkes. Semoga Balitbang dan Poltekkes dapat berkontribusi dalam rangka pengembangan institusi dan daerah. (b/idh/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy