Pilkada Konsel 2020, Surunuddin-Irham Berebut Restu Golkar – Kendari Pos
Politik

Pilkada Konsel 2020, Surunuddin-Irham Berebut Restu Golkar

Surunuddin-Irham


KENDARIPOS.CO.ID — Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar belum menerbitkan rekomendasi buat bakal calon bupati Konawe Selatan (Konsel) untuk berlaga di Pilkada. Dua kader terbaik Golkar, Surunuddin (petahana) dan Irham Kalenggo (Ketua DPD II Golkar Konsel) saling klaim kelayakan mendapat dukungan beringin.

Golkar masih mempertimbangkan siapa yang akan diberi rekomendasi, dengan merujuk hasil survei elektabilitas.

Maret lalu, DPP telah mengeluarkan dokumen keputusan berupa surat tugas Nomor : ST-74/DPP/GOLKAR/III/2020 diberikan kepada Surunuddin Dangga melalui Ketua Pemenangan Pemilu (PP) Wilayah Sulawesi Muhidin M. Said dan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Surat tugas tersebut dikeluarkan di Jakarta, pada tanggal 21 Maret 2020 yang ditandatangani Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F. Paulus. Irham Kalenggo yang juga ngotot berebut kursi bupati, tak tinggal diam. Meski tak memperoleh surat tugas, namun dirinya terus membangun komunikasi dengan pengurus DPD I dan DPP Golkar.

Kepada Kendari Pos, Bakal Calon Bupati Konsel (petahana) Surunuddin Dangga mengatakan, pasca dirinya diberi surat tugas, namun hingga saat ini belum ada SK dan rekomendasi untuk berlaga di Pilkada. Padahal kabupaten lain di Sultra yang juga gelar Pilkada, rekomendasinya sudah keluar.

“Saat ini sudah ada beberapa partai yang sudah aman memberi dukungan. Misalnya, NasDem, PKS, PKB dan PBB. Untuk Golkar masih berproses,” katanya.

Mantan anggota DPRD Sultra ini mengaku sempat diarahkan oleh DPP melalui DPD I Golkar Sultra untuk menggadeng Irham, namun ia menolak. “Saat ini ada tawaran dari DPP. Ada wacana untuk menggandeng Irham jadi kosong dua. Jawabannya, ya tidak mungkin. Karena sudah terlalu jauh. Selama ini Irham sudah lama menyatakan diri sebagai calon bupati,” bebernya.

Ia mengaku tak begitu peduli rekomendasi Golkar itu berlabuh ke mana. Kalaupun buat kandidat lain, ia tak memikirkan telalu jauh. “Jadi untuk terserah DPP. Kapasitas saya selaku kader apapun keputusannya saya terima,” ungkap Surunuddin yang mengaku menjadi kader Golkar selama 35 tahun.

Meski ia tidak diberikan rekomendasi, ia mengaku tetap akan loyal sama partai selama masih dibutuhkan. “Kalau hanya karena tak dikasi maunya, lantas mundur. Itu bukan kader namanya. Saya tidak semudah itu mau keluar dari Golkar. Kalau saya mau, banyak partai lain tawarkan saya, jadi ketua malah. Yang jelasnya, hingga saat ini bendera Golkar masih saya bawa,”ungkapnya.

Terpisah, Irham Kalenggo masih optimis untuk mendapatkan rekomendasi Golkar. Ia mengaku masih berebut dengan Surunuddin untuk mendapat dukungan. “Kita belum tau siapa yang akan dapat. Saya sangat optimis, insyaAllah,” ungkap bakal calon bupati Konsel itu. .

Rasa optimis Irham diperkuat dengan janji Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang telah memberikan sinyal bahwa yang akan direkomendasikan diprioritaskan kader dan pimpinan partai.

“Saat ini kami berdua disurvei dan akan ditentukan siapa elektabilitas tertinggi. Saya juga yakin bisa terbaik, karena setahun lebih saya sudah keliling Konsel sosialisasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD I Golkar Sultra Herry Asiku mengatakan masih menunggu keputusan DPP. Sebab yang berebut Golkar adalah kader terbaik. Saat ini DPP masih mempertimbangkan antara Surunuddin dan Irham, tentunya merujuk hasil survei. (kam/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy