Pihak Abaikan Protokol Kesehatan di Pilkada Disanksi – Kendari Pos
Politik

Pihak Abaikan Protokol Kesehatan di Pilkada Disanksi

La Ode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Penyelenggaraan Pilkada yang digelar di masa pandemi Covid-19 harus mengedepankan protokol kesehatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyiapkan sanksi bagi pihak melanggar protokol kesehatan, sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada di masa pandemi.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan regulasi protokol kesehatan, tentunya menjaga semua elemen yang terlibat dalam Pilkada dari pengaruh pandemik. Bagi yang meremehkan atau tidak mentaati ketentuan protokol kesehatan, bakal dijerat sanksi.

Regulasi pengenaan sanski tercantum dalam pasal 11 ayat 3 PKPU. Pihak penyelenggara akan memberikan teguran jika ada oknum yang meniadakan atau melanggar peraturan protokol kesehatan. Teguran tak diindahkan, lalu kemudian dikenakan sanksi.

Pengenaan sanksi, kata dia, diperuntukan bagi semua komponen yang terlibat dalam eskalasi Pilkada. Entah itu, penyelanggara, peserta pemilihan, tim sukses, hingga masyarakat umum. Eksekutor sanksi merupakan domain Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bentuk sanksi, kata dia, yang lebih memahami adalah otoritas Bawaslu.

“Saat ini kami tengah aktif menyosialisasikan regulasi PKPU nomor 6 tahun 2020 ke perangkat penyelenggara ke tujuh daerah. Termasuk kepada partai politik dan masyarakat umum. Harapannya, agar memahami isi atau pokok-pokok peraturan PKPU,”jelasnya.

Di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu menyampaikan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan akan disesuaikan dengan status pelanggar. “Jika yang melanggar adalah peserta, tim sukses, atau masyarakat umum, sanksi yang dibebankan yakni penghilangan haknya mengikuti tahapan. Misalnya dalam prosesi masa kampanye, tidak mematuhi protokol kesehatan, maka yang bersangkutan tidak akan diperkenankan ikut serta dalam area pelaksanaan,” bebernya.

Pada prinsipnya pemberlakuan sanksi, untuk menertibkan semua stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada. Sehingga dapat terhindar dari bayang-bayang ancaman penularan virus corona,”tandasnya. (m6/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy