Penyerahan Aset Bermasalah : Ada Tanah tak Bersertifikat, Kendaraan Tanpa BPKB – Kendari Pos
Kolaka

Penyerahan Aset Bermasalah : Ada Tanah tak Bersertifikat, Kendaraan Tanpa BPKB

KENDARRIPOS.CO.ID — Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) telah resmi menjadi daerah otonomi baru pada tahun 2013 lalu. Meskipun sudah tujuh tahun mekar, Koltim masih membahas masalah aset dengan daerah induknya, Kabupaten Kolaka. Sebab ada beberapa aset yang diserahkan Pemkab Kolaka ke Koltim yang dianggap bermasalah. “Memang masih ada yang mereka anggap bermasalah. Sebab ada beberapa aset yang fisiknya ada, tapi surat-suratnya tidak ada. Contohnya ada kendaraan tanpa buku pemilik kendaraan bermotornya (BPKB) dan tanah tidak ada sertifikatnya,” ungkap Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka, H. Poitu Murtopo saat ditemui, kemarin.

Mantan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sultra itu mengatakan, untuk menuntaskan persolaan aset tersebut, pihaknya baru-baru ini telah duduk bersama dengan Pemkab Koltim. Kata dia, dalam pertemuan tersebut pihaknya telah memberi penjelasan kepada Pemkab Koltim terkait penyebab adanya aset yang tidak memiliki bukti kepemilikan sah tersebut.

“Pada saat Koltim mekar, maka kebijakan kami saat itu semua aset yang ada di Koltim baik kendaraan, tanah, dan bangunan itu diserahkan ke daerah tersebut. Nah, mengapa tidak lengkap surat-suratnya, karena pada saat otonomi daerah dari pusat ke provinsi dan kabupaten dulu ada beberapa Kantor Wilayah (Kanwil) seperti Kesehatan dan Sosial. Itu kita diserahkan begitu saja daftar asetnya. Kami tidak cek satu persatu. Jadi kami juga langsung limpahkan daftar itu semua ke Koltim,” ujarnya.

Poitu mengakui bahwa ada beberapa bangunan milik pemerintah yang berdiri di atas tanah yang memang tidak memiliki sertifikat. “Koltim mengira kami masih menyimpan sertifikat tersebut. Padahal memang tidak ada. Kita berbicara kondisi dulu, bukan sekarang. Dulu sekolah dan Puskesmas itu dibangun saja, asal tidak ada yang punya itu lahan,” jelas Poitu. Menurutnya, pembahasan masalah aset antara Kolaka dan Koltim itu sudah tuntas.

“Pembahasan aset ini sudah 99 persen selesai. Semuanya juga sudah kami serahkan pada saat penyerahan personel, pendanaan, sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) 2013 lalu di Kementerian Dalam Negeri di Jakarta. Itu merupakan salah satu syarat mekarnya. Kalau kami tidak serahkan P3D, maka Pj Bupati Koltim saat itu juga tidak bisa dilantik karena itu merupakan salah satu syarat,” pungkas Sekab Kolaka. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy