Penyelenggara Pilkada di Sultra akan Jalani Rapid Test – Kendari Pos
Politik

Penyelenggara Pilkada di Sultra akan Jalani Rapid Test

La Ode Abdul Natsir Muthalib

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi pemilihan Umum (KPU) Sultra dan KPU tujuh kabupaten yang gelar Pilkada 2020 akan menerapkan strategi khusus untuk mencegah badan ad hoc terpapar pandemi Covid-19.

Selain menggunakan alat pelindung diri (APD), Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) akan menjalani rapid test, pemeriksaan suhu tubuh dan diberi vitamin.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, seluruh komponen penyelenggara Pilkada harus mengikuti seluruh ketentuan protokol kesehatan Copvid-19. Penyelenggara Pilkada tingkat KPU wajib rapid test tiga kali selama prosesi pelaksanaan tahapan pilkada.

Sedangkan rapid test untuk anggota PPK dan PPS dilakukan sebanyak dua kali selama masa tugas. Khusus PPDP dan KPPS harus rapid test diselenggarakan sebanyak satu kali selama masa kerja.

“Sistem mekanisme pengukuran suhu badan, KPU Sultra maupun kabupaten akan diberlakukan secara rutin sepanjang tahapan pilkada berlangsung. Sedangkan PPK, PPS, PPDP, dan KPPS melakukan pengecekan suhu badan pada saat sebelum dan sesudah menjalankan tugas,” ungkapnya, kemarin (1/7).

Suplemen vitamin tubuh, kata dia, akan akan diberikan kepada seluruh penyelenggara Pilkada baik provinsi, kabupaten hingga personel yang bertugas di lapangan. Selain itu, kata dia, semua penyelenggara pemilihan akan dibekali dengan APD seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, pelindung wajah, tisu basah maupun kering.

“APD lain yang juga akan disediakan yakni baju hazmat, tong air kran, kantung plastik sampah, disinfektan, sabun cair, dan thermometer gun ,” tukas pria yang karib disapa Ojo itu.

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sultra Muh. Nato Alhaq mengatakan lembaganya telah menginstruksikan KPU di tujuh kabupaten untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 terkait pelaksanaan rapid test. Penyelenggara tak boleh melaksanakan tugas jika positif atau terindikasi Covid-19.

Kordiv. Teknis Penyelenggaraan KPU Sultra Iwan Rompo menambahkan instruksi kepada KPU kabupaten disampaikan melalui Surat Edaran KPU Sultra No.146/SDM.07-SD/Prov/VI/2020 tentang pelaksanaan rapid test. Tujuannya mencegah penyebaran Covid-19 di lingkup KPU dan memastikan penyelenggara pemilu dalam keadaan sehat dan dapat bertugas dengan baik.

Sementara itu, Ketua KPU Konsel Aliudin mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 untuk memastikan lokasi dan jadwal rapid test. Termasuk kesiapan Pemkab memberikan fasilitas atau bantuan untuk rapid test. (m6/m3/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy