Pengerjaan Proyek Jembatan By Pass di Baubau Tertunda – Kendari Pos
Bau-bau

Pengerjaan Proyek Jembatan By Pass di Baubau Tertunda

Andi Hamzah Machmud

KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan proyek strategis yang diprogramkan Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau tahun ini, tidak berjalan maksimal. Penyebabnya, karena penyebaran virus corona yang terjadi di masyarakat. Konsekuensi pergeseran sejumlah anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19 memberi bias pada item pekerjaan itu. Salah satu proyek yang pengerjaannya terhambat adalah jembatan di jalan By Pass.

Pengerjaan ifrastruktur jembatan jalan By Pass merupakan salah satu proyek strategis Pemkot Baubau. Wali Kota Baubau, AS Tamrin menggagas pembukaan jalur tersebut sebagai jalan alternatif dalam menyikapi perkembangan dan kepadatan dalam kota. Sehingga penuntasannya menjadi skala prioritas. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Baubau, Andi Hamzah Machmud, mengatakan, pihaknya telah berupaya untuk merealisasikan pengerjaan ifrastruktur itu. Hanya saja, anggaran untuk pengerjaan jembatan mengalami pemotongan.

“Untuk jalan By Pass ada anggarannya, tapi hanya untuk item tertenti. Kita juga rencanakan pengerjaan jembatannya. Tapi karena ada pemotongan DAU hingga 50 persen, maka itu juga berdampak,” ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (30/6).
Andi Hamzah Machmud menyebutkan, porsi DAU untuk pengerjaan jembatan di jalan By Pass mencapai Rp 3,7 miliar. Namun karena terjadi pemotongan, sehingga tersisa sekira Rp 1 miliar lebih. “Nanti tahun depan baru kita lanjutkan. Kondisi keuangan tidak memungkinkan, akhirnya seperti itu,” ungkapnya.

Akses By Pass yang dikerjakan Pemkot Baubau, menghubungkan dua Kelurahan yaitu, Lakolgou dan Waruruma. Proses pengerjaanya dilakukan secara bertahap. Tahap ketiga direalisasikan dengan panjang jalan 6,4 kilometer dan lebar 15 meter ditambah lebar talud 7,3 meter. Semua telah dilakukan pada 2019 lalu. Kini Pemkot Baubau akan fokus pada pengerjaan jembatan. Hanya saja, karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, maka pengerjaan proyek jembatan tertunda. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy