Pengerjaan Jalan Kendari-Toronipa Tahap Dua Dimulai – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengerjaan Jalan Kendari-Toronipa Tahap Dua Dimulai

KENDARIPOS.CO.ID — Mimpi duet Ali Mazi-Lukman Abunawas untuk membangun infrastruktur jalan di Sultra mulai terealisasi. Pembangunan tahap dua megaproyek jalan Kendari -Toronipa segera dimulai. PT SMI menyahuti pinjaman dana Rp 799 miliar yang diajukan Pemprov Sultra. Kontrak pembangunan jalan Kendari-Toronipa tahun anggaran 2020 diteken di aula Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra,kemarin (29/7).

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim mengatakan, banyak hal yang telah dilakukan pemerintah demi peningkatan infrastruktur. Salah satunya dengan upaya pembangunan jalan Kendari-Toronipa.

“Kedepan jalan ini dapat menjadi ikon wisata Sultra. Alhamdulillah pada hari yang cerah ini, kita bertemu kembali disesi kedua pembangunan jalan Kendari-Toronipa. Banyak yang kita lakukan, tapi ini yang paling besar dan ini paling fantastis. Proses kedua ini sesungguhnya sangat panjang, namun dengan kerja sama yang tak henti dan arahan dari Gubernur Ali Mazi, kita bisa lanjutkan pengerjaan jalan wisata ini, “kata Abdul Rahim saat memberikan sambutan.

Katanya, pembangunan tahap II ini akan dilaksanakan multiyears mulai 28 Juli 2020 samapai 13 Februari 2022 dengan total anggaran Rp 799 miliar. Desai jalan ini mirip London strip. Panjang jalan keseluruhan 14,5 Km. Pengerjaan tahap pertama 2019 sepanjang 3,42 Km, sedangkan sepanjang 11,14 Km baru diteken kontraknya.

“Kita sudah alokasi dengan skema anggaran pada tahun ini yang tinggal beberapa bulan sekira Rp 250 miliar dan sisanya akan dialokasikan di tahun berikutnya. Kami optimis dengan bantuan pemerintah dan masyarakat, pengerjaan jalan dapat terselenggara dengan baik,”ucapnya.

Teken kontrak harusnya Maret lalu, namun karena Covid-19 dan ada persoalan teknis yang perlu diselesaikan lebih dulu. Makanya baru dilakukan Juli ini. Pembangunan ini sebagai era kebangkitan infrastruktur Sultra. “Tentu ini sebagai suatu kebanggaan kita. Banyak projek besar di Sultra namun yang itu anggarannya dari pusat (APBN), tapi ini murni APBD Sultra.”ucapnya.

Ia mengatakan pengerjaan tahap kedua ini akan melalui wilayah laut sepanjang 3 km. Reklamasi sekira 2,4 km dan sisanya adalah jembatan.

Asisten II Pemprov Sultra, Suharno mengatakan, Sultra diberi pinjaman besar sebagai rekor, sebab sudah empat kali melakukan pinjaman. “Pinjaman pada PT SMI, kita akan dijadikan percontohan untuk melakukan pinjaman daerah apalagi di masa Covid-19. Jadi nanti banyak yang akan berguru ke Sutra. Harapan kita, jalan ini dapat mendongkrak perekonomian Sultra,”pungkasnya.

Sementara itu, Senior Vice President PT Pembanguna Perumahan (Persero) tbk, Bandung Sasmintoharjo mengatakan, usai tandatangan kontrak, pekerjaan dimulai bila pembebasan lahan telah rampung. “Pembangunan tahap dua ini semoga bisa kita capai dengan anggaran yang ada,”ungkapnya.

Kata dia pengerjaan ini bisa lebih cepat. Jadi ia berharap adanya kerjasama warga setempat. Lahan warga yang terkenda dampak proyek jalan, ia berharap memberikan dukungan agar proses pembebasan lahan lebih cepat.

“Pembangunan jalan yang bagian laut mudah-mudahan kita bisa mulai. Kita segera persiapan pemancangan, sebab untuk pekerjaan struktur dan pemasangan girdernya ini cukup panjang sekira 2 kilometer lebih. Pengerjaan hingga tahun 2021, kami harap capaiannya diatas 90 persen sehingga 2022 bisa dipercepat penyelesaiannya,”pungkasnya. (rah/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy