Pengalihan Status BLUD Belum Final – Kendari Pos
Metro Kendari

Pengalihan Status BLUD Belum Final

Sulkarnain Kadir

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir membantah Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) Harum telah berubah status menjadi Perusahaan Daerah (Perusda). Pasalnya, proses pengalihan statusnya belum final. Hingga kini, Pemkot Kendari masih tengah melakukan pengkajian.

“Kami tak menampik rencana pengalihan BLUD menjadi Perusda. Sebab kami ingin secara kelembagaan BLUD khususnya kredit mikro itu butuh penguatan, baik dari sisi kelembagaan strutural, maupun payung hukumnya. Supaya bisa lebih berkembang dan bisa melayani masyarakat nantinya,” jelasnya kemarin.

Langkah ini sambungnya, untuk mengantisipasi pengelolaan keuangannya tidak mengalami kesulitan. Terutama laporan pertanggungjawabannya. “Untuk itulah, kita benahi dulu kelembagaannya. Termasuk rekruitmen pengelolanya kita standarisasi. Antara ASN dan Non ASN. Agar pengelolannya pun memenuhi kualifikasi dan kompetensi sebagai sebuah lembaga keuangan,” ujar Sulkarnain.

Sejauh ini, karyawan BLUD sudah punya integritas yang cukup baik, Walaupun secara kelembagaan itu ada potensi untuk penyalahgunaan anggaran. “Misalnya antara yang merekomendasikan, yang mensupervisi di lapangan dengan yang melakukan penagihan itu adalah orang yang sama. Inikan ada potensi terjadi penyalagunaan. Ini salah satu yang kita akan benahi yakni fungsi-fungsi mereka. Bisa berjalan dengan baik dan memberikan pelayanan kredit mikro yang masih membutuhkan,” jelas Sulkarnain.

Soal sisa anggaran BLUD senilai Rp 2,8 miliar di Bank Sultra, Sulkarnain mengaku akan menggunakannya untuk penguatan kelembagaan BLUD jika tidak dialihkan atau penguatan Perusda jika sudah dialihkan. “Bahkan kalau kurang kita akan tambahkan. Ini penting agar pelayanan bisa lenih profesional. Kalau sudah profesional, Insya Allah lembaganya akan untung,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy