Pemkab Konsel Gandeng BPN Legalkan Tanah Warga – Kendari Pos
Konawe Selatan

Pemkab Konsel Gandeng BPN Legalkan Tanah Warga

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya meminimalisir sengketa agraria di Konawe Selatan (Konsel) terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Hal itu dibuktikan dengan kerja sama antara Pemkab Konsel dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN), selama ini. Beberapa waktu lalu, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga telah menyerahkan 529 sertifikat tanah pada sejumlah warga Kecamatan Benua. Sertifikat yang diserahkan itu merupakan hasil program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dan redistribusi tanah kepada 529 warga ditiga desa, yakni Lamara, Horodopi dan Palowewu.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengungkapkan, penerbitan 529 sertifikat itu merupakan hasil kerja sama yang dibangun Pemkab bersama BPN Konsel. “Dengan tujuan mempercepat proses legalisasi kepemilikan dan keadilan yang merata bagi masyarakat pemilik tanah,” ungkapnya, kemarin. Selain itu, dengan memperoleh sertifikat, masyarakat memperoleh legalitas kepemilikan sah yang kuat dimata hukum dan terdaftar di BPN.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu menjelaskan, sertifikat dapat mendorong pemanfaatan dan peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat. “Misalnya ketika ingin mencairkan dana di Bank. Juga bermanfaat menghindari sengketa yang biasa timbul di tengah masyarakat,” jelas Surunuddin. Oleh karenanya, Konsel-1 itu berharap, ke depan seluruh tanah masyarakat di Konsel dapat tersertifikat dan memiliki legalitas. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy