Pemkab Buton Mulai Realisasikan Program Palanisasi – Kendari Pos
Buton

Pemkab Buton Mulai Realisasikan Program Palanisasi

Bupati Buton, La Bakry (belakang, keempat dari kiri) brsama Wakilnya, Iis Elianti saat menyalurkan bibit pala pada petani di Desa Wasumbaa, Kecamatan Lasalimu, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi tanah Buton tidak hanya deposit tambang aspal saja. Pada sektor pertanian, wilayah dalam kendali Bupati, La Bakry dan Wakilnya, Iis Elianti, punya banyak komoditas unggulan yang jika dimaksimalkan, mampu menyangga perekonomian daerah. Saat ini, kuantitas panen komoditas unggulan itu masih kecil dari potensi sesungguhnya. Makanya, Pemkab Buton meluncurkan program palanisasi.

Palanisasi menjadi istilah pemanfaatan lahan pertanian melalui pengembangan pala. Pemerintah mengidentifikasi potensi lahan kemudian menyiapkan pendukung pengembangannya. Bibit disediakan melalui dua sumber pembiayaan, yakni dari APBN dan APBD. Selasa (30/6), Pemkab Buton sudah mulai merealisasikan konsep palanisasi itu.

Bupati Buton, La Bakry, menyalurkan bibit pala pada petani di Desa Wasumbaa, Kecamatan Lasalimu.

Dalam arahannya, bupati mengatakan, sesuai dengan target Indonesia Emas tahun 2045 mendatang, pendapatan perkapita perorang ditarget Rp 27 juta perbulan. “Maka kita harus berpikir dari sekarang kira-kira apa yang bisa ditanam sehingga bisa menguatkan ekonomi. Pala adalah salah satu jawabannya. Tanaman ini sudah bisa dipanen dalam waktu tiga tahun. Harganya menjanjikan dan komoditas ekpor,” optimis La Bakry.

Ketua DPD II Golkar Buton itu menambahkan, para petani harus punya kalkulasi pendapatan, tak sekadar untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tetapi harus punya tabungan masa depan. “Pala ini aset, jangan diremehkan. Lima sampai 10 tahun ke depan, petani yang terima bibit hari ini sudah bisa naik haji diam-diam,” kelakar La Bakry didampingi Wakil Bupati Buton, Iis Elianti.

Selain memaksimalkan pala, Pemkab Buton juga berkomitmen menggenjot tanaman kelapa, kopi dan jambu mete. “Semua petani akan mendapat perhatian khusus. Kami usahakan bibit dan pemasarannya juga,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buton, Dewangga, mengatakan, bantuan bibit pala yang diserahkan kali ini adalah bantuan Pemerintah Pusat. “Ini kita usulkan sejak tahun 2019 lalu. Pak Bupati minta kita membuat proposal, kemudian dikawal dari kabupaten ke provinsi, dan hari ini sudah terealisasi,” katanya.

Bibit pala itu kata dia berjumlah 6.250 pohon. Itu bisa ditanam di atas lahan seluas 50 hektare. Empat kelompok tani yang beruntung sebagai penerima kini sudah bisa bisa memanfaatkannya. Selain pala, dari APBN Pemkab Buton juga mendapat bantuan komoditas unggulan lain yakni kopi, kelapa dan jambu mete. (b/mel/ely)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy