Pemkab Buton Kembangkan Wisata Berbasis Kawasan – Kendari Pos
Buton

Pemkab Buton Kembangkan Wisata Berbasis Kawasan


KEDNARIPOS.CO.ID — Pariwisata menjadi salah satu sektor strategis dalam fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton. Selain menata destinasi dan melebarkan sayap promosi, Pemkab juga meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dalam tata kelola pariwisata itu. Salah satunya dilakukan dengan menggelar pelatiahan tata kelola destinasi pariwisata. Bupati Buton, La Bakry mengapresiasi pelatihan tersebut. Kegiatan semacam itu kata dia bertujuan untuk membangun kemitraan dengan masyarakat dan komunitas dalam pengembangan kawasan pariwisata.

Seluruh masyarakat desa di kawasan wisata Teluk Pasarwajo, diharapkan dapat memanfaatkan peluang unit jasa usaha yang mempunyai dampak ekonomi luas. “Selama ini kita hanya mengandalkan nilai ekonomi usaha perikanan. Padahal setiap desa dapat memanfaatkan spot pantai, jembatan, katinting atau rompong yang dikemas dengan nuansa wisata,” paparnya, Jumat (3/7) saat menutup kegiatan yang berlangsung sejak 1 Juli lalu di Buton Raya Hotel, Pasarwajo.

Menurut La Bakry, masyarakat juga dapat mengambil peran dalam mendukung spot tersebut dengan produk kuliner dan kerajinan untuk menjadi oleh-oleh maupun souvenir bagi setiap wisatawan. “Buton ini punya banyak, seperti makanan tradisional, tenun dan lainnya. Itu kan bisa dikembangkan. Sudah ada yang mulai tapi belum banyak,” tambahnya. Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi, mengungkapkan, pelatihan tata kelola destinasi pariwisata adalah agenda rutin tahunan yang anggarannya disuplai melalui APBN Kemenpar.

Kegiatan pelatihan itu diorientasikan searah dengan trend kebijakan pembangunan pariwisata Kabupaten Buton. “Khusus di Buton ini, pelatihannya berbasis kawasan,” kata Rusdi, kemarin. Ia merinci ada empat kawasan yang dikembangkan. Mulai dari zona wisata Wabula berbasis budaya dan kerajinan, kawasan wisata Teluk Pasarwajo, Kawasan wisata Hutan Lambusango dan Kawasan wisata Pantai Koguna.

“Pelatihan tata kelola kali ini untuk pengembangan destinasi wisata Teluk Pasarwajo. Peserta adalah utusan 12 desa yg wilayahnya beririsan langsung dengan Teluk Pasarwajo, ditambah dengan komunitas dan pemerhati pariwisata. Jumlah peserta 46 orang,” paparnya. Dalam pelatihan tersebut melibatkan pakar lingkungan, akademisi praktisi, Dekranasda dan pelaku wisata. “Dengan program terintegrasi Dinas Pariwisata, Lingkungan Hidup, Dekranasda dan Perindustrian, komunitas dan masyarakat ini, maka akan menjadi titik awal dalam pengembangan kawasan Teluk Pasarwajo sebagai sebagai salah satu destinasi pariwisata andalan,” pungkasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy