Pemkab Buteng Dorong Pengembangan Budidaya Ikan dan Rumput Laut – Kendari Pos
Buton Tengah

Pemkab Buteng Dorong Pengembangan Budidaya Ikan dan Rumput Laut

Bupati Buteng, H Samahuddin, didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan Buteng Muhammad Rizal , saat memberikan bantuan perahu 35 unit kepada masyarakat pesisir

KENDARIPOS.CO.ID — Buton Tengah (Buteng) diberkahi dengan potensi kekayaan sektor kelautan yang melimpah. Tak heran daerah yang dinakhodai duet Samahuddin-La Ntau mendorong pengembangan budidaya ikan dan rumput laut untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan sebagai sumber pendapatan asli daerah.

Dinas Perikanan Buteng mencoba membangkitkan semangat dan kemauan masyarakat; nelayan untuk melakukan budidaya ikan plus rumput laut. Buteng adalah daerah kepulauan memiliki wilayah laut yang luas dan sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan.

Bupati Buteng Samahuddin sangat menyadari potensi daerahnya. Ia meminta Dinas Perikanan melakukan terobosan dan pendekatan kepada masyatakat untuk mengembangkan potensi sektor kelautan.

Kepala Dinas Perikanan Buteng, Muhammad Rizal mengatakan wilayah laut Buteng memang potensi untuk budidaya perikanan, khususnya wilayah kawasan teluk. Pihaknya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi perikanan atau lahan di daerah setempat untuk mengembangkan budi daya perikanan.

“Ada beberapa teluk yang sangat cocok untuk dikembangkan budi daya perikanan. Sebagian telah memulainya. Tapi kami harap masyarakat banyak yang tertarik untuk bergerak dalam bidang budidaya perikanan,” ucapnya.

Untuk menarik minat masyarakat melakukan budidaya perikanan, pihaknya membuat percontohan budi daya perikanan yang terletak di Teluk Lasongko dan Lianabanggai. Masyarakat nelayan di dua wilayah itu difasilitasi dalam melakukan budidaya ikan tuna. “Kami harap masyarakat di dua wilayah itu bisa menjadi percontohan dengan terus melakukan dan meningkatkan budidaya ikan tuna,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga berusaha membangkitkan semangat masyarakat melakukan budidaya rumput laut. Hal itu dinilai sebagai peluang untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat. Sebab, Pemkab Buteng memiliki jejaring untum pemasaran hasil rumput laut dengan pengusaha-pengusaha besar. “Pemda mengsuport budidaya rumput laut dengan menyiapkan jaminan pasar,” katanya.

Ia menambahkan, letak geografis Buteng dengan garis pantai yang cukup panjang sangat baik untuk pengembangan rumput laut. Makanya, pihaknya mencoba mendorong potensi itu untuk dimanfaatkan dan dikembangkan oleh masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan keuangan rumah tangga. (ahi/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy