Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Dikenakan Retribusi – Kendari Pos
Kolaka

Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Dikenakan Retribusi

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan akan melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap hewan kurban yang akan disembelih pada saat hari raya Iduladha. Namun, untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang disembelih di luar Rumah Potong Hewan (RPH) akan dikenakan retribusi.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Kolaka, Hasbir Jaya Razak, mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban yang disembelih itu aman, sehat, utuh, dan halal. Terkait retribusi yang dikenakan, itu telah diatur dalam undang-undang nomor 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan dan Perda nomor 5 tahun 2011.

“Retribusi pemeriksaan kesehatan hewan yang disembelih di luar RPH Rp 75 ribu per ekor. Retribusi tersebut berlaku untuk pemeriksaan kesehatan kerbau, sapi dan kuda,” bebernya. Hasbir berharap, dengan adanya besaran retribusi yang telah ditetapkan melalui Perda, maka pihaknya meminta kepada panitia kurban untuk memenuhinya. Sebab retribusi tersebut akan tercatat sebagai pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kolaka. “Kami harapkan partisipasi panitia kurban agar membantu kelancaran pungutan untuk PAD. Retribusi ini juga sudah ada Perdanya,” tutur Hasbir Jaya Razak. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy