Pemekaran Wilayah, RTRW di Muna Direvisi – Kendari Pos
Muna

Pemekaran Wilayah, RTRW di Muna Direvisi

Seminar pendahuluan revisi RTRW yang digelar pihak Bappeda Muna. Langkah tersebut untuk penyesuaian akibat pemekaran wilayah dan perkembangan dinamika pembangunan.


KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna melakukan revisi terhadap rencana tata ruang wilayah (RTRW) tahun 2014-2034 akibat pemekaran wilayah dan perkembangan dinamika pembangunan. Dua sektor yang menonjol adalah penetapan kawasan pertanian berkelanjutan dan penyusunan masterplan persampahan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muna, La Mahi, menerangkan revisi dilakukan akibat adanya perubahan batas daerah setelah terbitnya UU nomor 14 tahun 2014 tentang pembentukan Kabupaten Muna Barat. Tata ruang daerah ikut berubah terutama pada kawasan pertanian yang sebagian besar beralih otoritas. Selain pertanian, revisi juga dimanfaatkan untuk menyusun strategi penanganan sampah yang terus bertambah akibat perkembangan pemukiman.

“Banyak poin revisi namun yang strategis dua hal itu,” jelasnya, kemarin. La Mahi melanjutkan, revisi tersebut mengacu pada ketentuan wilayah dengan ciri agraris. Ada tiga ketentuan pokok pedoman penataan ruang antara lain luas kawasan pertanian dan kawasan huta masing-masing harus memenuhi minimal 20 persen dari total luas wilayah Muna. Sedangkan luas pemukiman minimal mencapai 5 persen luas wilayah. “Muna masih ditopang pertanian. Jadi RTRW harus memerhatikan kelestarian kawasan pertanian,” terangnya.

Dokumen revisi RTRW tersebut masih akan mengalami dua kali asistensi yakni di Pemprov Sultra dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Asistensi dilakukan untuk penyelarasan tata ruang nasional dan provinsi. Kedua proses itu akan dituntaskan tahun ini. Sebab RTRW tersebut sudah harus menjadi bahan rujukan penyusunan kembali rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2025 mendatang. “Kami tinggal tunggu panggilan presentasi. Kita target akhir tahun disahkan. Hasilnya revisi RTRW itu akan berlaku sampai 2031,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy