Pembangunan Jalan Provinsi Rp 96 Miliar – Kendari Pos
Metro Kendari

Pembangunan Jalan Provinsi Rp 96 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID — Sebagian anggaran program kerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra telah dialihkan untuk menangani pandemi Covid-19. Pembangunan proyek yang telah dirancang mengalami penundaan, terutama pembangunan jalan berstatus jalan provinsi.

Jalan Wisata Kendari – Toronipa yang masuk program
prioritas pembangunan Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Meski biaya dipangkas sebesar 50 persen, Pemprov masih memiliki anggaran Rp 96 miliar yang diporsikan untuk pembangunan jalan. Plt Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDM) Sultra, Abdul Rahim mengungkapkan pembangunan jalan yang menjadi tanggujawab Pemprov sepanjang 1.009 kilometer. Namun, karena keterbatasan anggaran, Pemprov akan menuntaskan pembangunan secara bertahap. “Diminta atau tidak diminta oleh masyarakat, kita tetap akan lakukan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan dalam rangka perencanaan pihaknya mengaku memiliki data base. Sehingga ada pemetaan dalam data base yang mana harus dikerjakan lebih dulu dan mana yang masih bisa ditunda. “Prinsipnya pengerjaan berdasarkan pada skala prioritas. Dilokasi tertentu ada kerusakan jalan misalnya, namun ada yang lebih parah, tentu kita mendahulukan yang jauh lebih parah. Itu juga melalui kanjian ada pertimbangannya semua,” ungkapnya.

Meski tengah mendapatkan potongan anggaran, pihaknya tetap melakukan pembangunan pada sejumlah ruas jalan yang menjadi tanggungjawab Pemprov. Salah satu jalan poros Raha-Lakapera. “Selain itu juga ada pembangunan jalan dari program hibah jalan daerah (PHJD) sebanyak 9 paket. Terbagi, 5 paket proyek berada di wilayah daratan dengan anggaran sebesar Rp 40 miliar dan 4 paket proyek dengan anggaran Rp 30 miliar,” ujarnya.

Jalan-jalan yang dibangun untuk wilalyah daratan itu antara lain, Jalan Dr Soetomo, Labibia-Toronipa. Adapun di daerah kepulauan yakni Jalan Kamaru-Lawele, Baubau dan Buton Selatan,” imbuhnya.

Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Buton ini juga mengungkapkan ada program pembangunan jalan provinsi yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). Masing-masing ruas Jalan Labundo-bundo dengan anggaran Rp 8 miliar dan ruas jalan Malighano senilai Rp 18 miliar. Semua proyek itu kini sudah berjalan. (yog/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy