PBM dan MPLS di Kota Kendari Tetap Berlangsung Daring – Kendari Pos
Aneka

PBM dan MPLS di Kota Kendari Tetap Berlangsung Daring

Sartini Sarita

KENDARIPOS.CO.ID — Berdasarkan surat edaran dari Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, tahun ajaran baru 2020/2021, peserta didik pada jenjang SD-SMP di Kota Kendari tetap akan melangsungkan Proses Belajar Mengajar (PBM) dari rumah.

Selain PBM yang berlangsung online, Masa Perkenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kali ini juga tidak dilakukan secara tatap muka. Hal ini merupakan imbas dari Covid-19 yang saat ini masih mewabah di Kota Kendari.

Kepala Dikmudora Kota Kendari, Sartini Sarita menjelaskan, tahun ajaran baru sudah dimulai sejak Senin 13 Juli kemarin. PBM tahun ini akan berlangsung online hingga status Kota Kendari dianggap aman dari Covid-19.

“Saat ini, seluruh satuan pendidikan pada tingkatan SD-SMP di Kota Kendari tengah disibukkan mengikuti MPLS yang juga berlangsung secara Daring, yang akan berlangsung selama tiga hari,” katanya, Rabu (15/7).

Diakuinya, pelaksanaan MPLS di Kota Kendari ini wajib dilakukan secara online. Itu artinya, seluruh satuan pendidikan tidak diperkenankan untuk menghadirkan siswa di sekolah. Guna menghindari penularan Covid-19. “Sejak pertama kita sudah tekankan agar tidak ada alasan untuk MPLS itu tidak berlangsung secara online. Apabila hal tersebut tidak dilakukan maka masing-masing sekolah harus menanggung segala konsekuensinya,” terangnya.

Kendati demikian, pada hari pertama pelaksanaan MPLS berlangsung, terdapat beberapa sekolah yang menghadirkan siswanya. Hal ini tentu diluar dari arahan Dikmudora Kota Kendari. “Kita itu sudah tekankan dari awal kalau segala bentuk kegiatan yang melibatkan banyak orang di sekolah tidak diperbolehkan. Namun, kasus dihari pertama itu di luar dari arahan dari Dikmudora dan juga sekolah. Para orang tua secara inisiatif datang langsung ke sekolah bersama anaknya. Namun, setelah mereka datang kita langsung arahan untuk kembali ke rumah masing-masing,” terangnya.

Terkait PBM yang berlangsung secara Daring ini, pihaknya masih berupaya untuk mencari cara agar proses belajar-mengajar secara daring bisa berjalan efektif. Sebab, tidak semua peserta didik di Kota Kendari memiliki fasilitas yang menunjang proses pembelajaran secara daring. “Peran orang tua juga sangat dibutuhkan saat ini. Sebab, saat PBM berlangsung Daring para orang tualah yang memiliki kesempatan yang besar untuk mengawasi putra-putrinya di rumah,” tutupnya. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy