Pasokan Lancar, Elpiji di Kolaka Tetap Langka dan Mahal – Kendari Pos
Kolaka

Pasokan Lancar, Elpiji di Kolaka Tetap Langka dan Mahal


KENDARIPOS.CO.ID — Warga di Kabupaten Kolaka merasa masih kesulitan untuk mendapatkan tabung elpiji 3 kilogram. Padahal, pasokan tabung melon bersubsidi tersebut sudah kembali normal. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya mobil pengangkut bahan bakar gas 3 kilogram yang berlalu lalang membawa tabung ukuran ekonomis tersebut.
“Saya heran, banyak saya liat mobil pengangkut Elpiji 3 kilogram yang lewat tapi tabung itu masih saja sulit kami dapatkan. Di pangkalan selalu habis. Terpaksa kami beli di eceran dengan harga Rp 30 ribu,” keluh Fikar, warga Kecamatan Kolaka, Jumat (3/7).

Menurut Fikar harga Rp 30 ribu itu masih cukup mahal dibanding dengan banderol normal. “Memang harganya sudah turun jika dibanding beberapa hari sebelumnya yang sampai Rp 50 ribu per tabung. Tapi, harga Rp 30 ini masih mahal. Karena biasanya paling mahal Rp 25 ribu di pengecer,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kolaka, Kamal Arif, mengakui, pasokan Elpiji 3 kilogram di Bumi Mekongga sudah kembali normal.

Soal penyebab kelangkaan yang masih terjadi, salah satunya karena kebutuhan masyarakat yang terus meningkat. “Penyaluran tabung gas 3 kilogram ke Kolaka itu setiap hari Senin-Sabtu dilakukan oleh pihak Pertamina. Setiap harinya itu ada sekitar 5.600 tabung yang disalurkan. Tapi jumlah itu belum sebanding dengan jumlah pengguna. Makanya kami usulkan agar ada penambahan,” tuturnya.

Meskipun terjadi peningkatan penggunaan, namun kata Kamal, pihaknya akan tetap mencari tahu penyebab lain yang mengakibatkan Elpiji ukuran ekonomis itu masih mahal. “Kami nanti akan datangi pengecer untuk mencari tahu dimana mereka membeli tabung. Jika bekerja sama dengan pangkalan maka, tersebut akan kami laporkan ke agen. Sebab yang berhak memberikan sanksi pada pangkalan nakal itu adalah agen,” ujarnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy