Pasien DBD Menurun, Dinkes Diminta Tetap Waspada – Kendari Pos
Kolaka

Pasien DBD Menurun, Dinkes Diminta Tetap Waspada

KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka dalam mencegah dan menekan jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD), patut mendapat apresiasi. Sebab jumlah penderita DBD pada triwulan kedua tahun 2020 disebut menurun drastis. Hal itu dapat dilihat dari data pasien DBD yang dirawat di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka. Kepala Bidang Pelayanan RSBG Kolaka, drg. Dewi, mengungkapkan, pada triwulan pertama tahun 2020 jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut berjumlah 36 orang. Rinciannya Januari 6 orang, Februari 16 orang, dan Maret 14 orang. Sedangkan pada triwulan kedua tahun 2020 jumlah pasien yang dirawat hanya 7 orang dengan rincian April 4 orang, Mei 2 orang dan Juni 1 orang.

“Alhamdulillah semua pasien yang dirawat di RSBG Kolaka selama tahun 2020 itu semuanya sembuh dan tidak ada yang meninggal dunia. Adapun di Bulan Juli hingga saat ini belum ada pasien DBD yang masuk,” ungkapnya saat ditemui, Jumat (10/7). Keberhasilan Pemkab Kolaka dalam menekan kasus DBD di Bumi Mekongga tersebut mendapat apresiasi dari Anggota Komisi III DPRD Kolaka, Syaifullah Halik. Menurut Legislator Partai Gerindra tersebut, pihak RSUD dan Dinas Kesehatan (Dinkes) yang merupakan SKPD teknis telah menunjukkan kinerja yang baik dalam menekan kasus DBD di wilayah otorita Ahmad Safei.

Meskipun kasus DBD menurun, Syaifullah meminta pihak Dinkes dan RSUD untuk tetap waspada agar kasus serupa tidak meningkat. Apalagi kata dia ditengah musim hujan seperti saat ini kasus DBD sangat rawan terjadi. “Kita harus memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah khususnya Dinkes dan jajarannya atas kinerja mereka yang telah dilakukan dalam rangka menurunkan angka DBD di Kabupaten Kolaka,” jelasnya. Ia berharap Dinkes terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait penyakit DBD ini agar kasus dan penderitanya dapat ditekan lagi. ” Jadi, tetap waspada dan jangan lengah karena DBD ini tidak kalah berbahaya juga dari virus corona,” tuturnya. (b/fad)

Pasien DBD yang dirawat dan sembuh di RSBG Kolaka :
Triwulan Pertama :

  • Januari : 6 orang
  • Februari : 16 orang
  • Maret : 14 orang
    Total : 36 orang

Triwulan Kedua :

  • April : 4 orang
  • Mei : 2 orang
  • Juni : 1 orang
    Total : 7 orang

Triwulan Ketiga :

  • Juli (hingga kemarin) : 0

*) Selama semester pertama 2020, semua pasien yang dirawat sudah sembuh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy