Pasien Covid-19 Bertambah, Penyelenggaraan Salat Idul Adha Masih Dikaji – Kendari Pos
Metro Kendari

Pasien Covid-19 Bertambah, Penyelenggaraan Salat Idul Adha Masih Dikaji

KENDARIPOS.CO.ID — Kendati pusat telah memberikan kelonggaran, namun kepastian penyelenggaraan salat Idul Adha 1441 Hijriah berjamaah di Kota Kendari belum diputuskan. Pemkot Kendari masih akan melakukan pengkajian. Apalagi pasien positif corona dalam beberapa hari terakhir mengalami penambahan.

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir mengaku belum mengeluarkan kebijakan tentang penyelenggaraan salat id. “Masih sementara kita kaji, masih sementara kita diskusi, kemarin sudah pertemuan sekali dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kemenag dan beberapa unsur terkait. Kita masih melihat perkembangan (Covid-19),” ungkapnya, kemarin.

Dari hasil pertemuan bersama dengan Ormas Islam, barulah akan diputuskan. Jika dianggap memungkin akan diberikan kelonggaran namun harus mematuhi protokol kesehatan (prokes). Untuk itulah, pertemuan ini nantinya akan mengatur panduan salat Idul Adha. “Mudah-mudahan nanti dua minggu atau paling lambat 10 hari sebelum hari H pelaksanaan shalat Idul Adha itu sudah bisa kita mengambil kebijakan,” ungkapnya.

Berkaca pada perayaan Idul Fitri 1441 H Mei lalu, Pemkot Kendari tak menyelenggarakan salat id secara berjamaah melainkan mengeluarkan himbauan agar masyarakat melaksanakan ibadah di rumah masing-masing dengan panduan yang telah disiapkan pemerintah. Hal tersebut dilakukan guna mencegah potensi penyebaran covid-19.

Disinggung mengenai pelaksanaan pemotongan hewan korban, Pemkot tetap akan melaksanakannya. Secara pribadi, ia mengaku akan berkorban. Namun ia enggan menyebutkan berapa yang akan dikurbankan. “Itu pribadi ya, nanti aja dilihat berapa ekor. Kalau beramal itu katanya gak perlu diumumkan ya. Nanti kalau teman-teman mau makan daging kurban, nanti kita makan bareng,” candanya.

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, hingga Rabu (8/7) pukul 12.00 Wita, jumlah kasus positif tercatat sebanyak 94 kasus. Rinciannya, 25 pasien masih dalam perawatan, 66 sembuh dan 3 pasien dinyatakan meninggal dunia. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy