Pabrik Kakao di Kolut Dibangun Agustus – Kendari Pos
Kolaka Utara

Pabrik Kakao di Kolut Dibangun Agustus

KENDARIPOS.CO.ID — Rencana pembangunan pabrik kakao di Desa Ponggiha Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) akan direalisasikan tahun ini. Tender proyek pengerjaan konstruksinya telah dilakukan. Diperkirakan, awal Agustus mendatang sudah dimulai pengerjaannya. Pj. Kepala Dinas Perkebunan Kolut, Ismail Mustafa, menjelaskan, lahan Pemkab telah tersedia 8 hektare. 5 hektare diantaranya sudah dilakukan penataan kawasan. Pembangunan gedung pabrik itu sendiri dikisarkan menghabiskan anggaran hingga Rp 1,9 miliar, diluar pengadaan mesin pengolahan.

“Semua difasilitasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN), kecuali lahan, Pemkab yang sediakan,” jelas Ismail Mustafa, Minggu (19/7). Selain gedung yang sepaket dengan mesin, masih ada unit lain berupa pengolahan fermentasi kakao dengan estimasi dana Rp 1,3 miliar. Bukan hanya itu, ada juga usulan yang bakal disiapkan tahun ini berupa sarana pengeringan kakao basah sebanyak empat unit. “Anggarannya itu sekitar Rp 600 juta sampai Rp 700 juta. Masih ada yang lain dan akan dilengkapi hingga rampung,” bebernya.

Pemkab juga sedang bernegosiasi dengan para pemilik lahan di sekitar area pusat sentra kakao itu untuk dijadikan kebun kunjungan. Mulai dari bibit, pemupukan hingga penanaman akan difasilitasi Pemkab dan hasilnya bakal kembali ke petani pemilik lahan. “Sudah ada petani dengan luasan 8 hektare lahan yang telah sepakat bekerja sama. Masih ada tambahan dan sementara kami bangun komunikasi,” tuturnya.

Kebun kunjungan itu kata Ismail akan dibagi menjadi dua bidang. Separuh sebagai demplot dan selebihnya untuk kebun entris. Pemkab hanya menata kawasan di sekitar sentra tersebut, namun hasil panen kakaonya tentu menjadi hak petani itu sendiri. “Program sentra kakao ini jelas karena anggarannya sudah ada. Ini untuk menjawab program revitalisasi yang digalakkan pemerintah,” pungkasnya. (b/rus)

1 Comment

1 Comment

  1. Arif Surahman

    22 Jul 20 13:52 at 13:52

    Majulah Kolaka utara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy