Orang Tua Boleh Menolak Sekolah Tatap Muka – Kendari Pos
Edukasi

Orang Tua Boleh Menolak Sekolah Tatap Muka

KENDARIPOS.CO.ID — Proses pembelajaran di Sultra saat ini dilakukan secara daring (online) dan luring (non jaringan). Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan, beberapa sekolah di daerah zona hijau Covid-19 akan melaksanakan proses belajar mengajar (PBM) secara tatap muka. Meski begitu, apabila ada orang tua yang merasa tidak siap jika anaknya harus kembali bersekolah, maka berhak untuk menolak dan anak tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah.

“Jadi di tengah pandemi Covid-19 ini, kita benar-benar harus memegang prinsip kebebasan memilih. Karena ini kan mengenai kesehatan masing-masing,” kata Plt Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio, kemarin. Saat ini, kata Asrun, pihaknya sedang melakukan monitoring untuk memeriksa kesiapan beberapa sekolah di wilayah zona hijau yang akan menerapkan pembelajaran tatap muka kembali.

“Jadi harapan kami adalah pemerintah setempat dan para kepala Dinas Pendidikan bisa benar-benar mendukung proses ini. Salah satu caranya adalah sumber dayanya kita jadikan fleksibel, kemudian kami upayakan sarana protokol kesehatannya tersedia,” kata Asrun.

Di sisi lain, lanjut Asrun, khusus wilayah zona oranye, kuning, dan merah, itu tidak diizinkan menggelar PBM secara tatap muka. Itu untuk menghindarkan sekolah menjadi sarana (klaster) baru penularan Covid-19. “Kita tidak ingin sekolah jadi sarana penularan Covid-19” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk mengatasi pandemi dengan segenap daya dan upaya. Sekolah kata Asrun, mempunyai potensi klaster penularan Covid-19. “Prioritas kami keselamatan dan kesehatan siswa dan guru. Oleh karena itu, kita masih menerapkan pendidikan jarak jauh (PJJ) dengan metode daring maupun luring,” kata Asrun. (ags/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy