OPD Buton Diingatkan Soal Serapan Anggaran – Kendari Pos
Buton

OPD Buton Diingatkan Soal Serapan Anggaran

La Ode Zilfar Djafar


KENDARIPOS.CO.ID — Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton sedang dievaluasi. Fokusnya, sudah sejauh mana realisasi program kegiatan dan serapan anggaran memasuki triwulan tiga ini. Instansi yang masih dianggap lamban pada serapan anggaran mendapat peringatan. Sementara yang sudah diatas 50 persen dianggap kegiatannya telah “on the track”.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buton, La Ode Zilfar Djafar, mengatakan usai mendengar laporan dari masing-masing OPD, Ia menyimpulkan jika sebagian besar kegiatan sudah berjalan. “Rata-rata sudah dilaksanakan. Ada pelambatan karena pandemi Covid-19. Tapi sudah berangsur normal dan rata-rata 50 persen pada semester pertama lalu,” katanya, kemarin.

Menurut “Jenderal” ASN Buton itu, realisasi DAU, DID dan DAK berbeda persentase. Paling rendah ada pada DAK. Tetapi Ia memastikan Juli ini sudah banyak OPD yang menyelesaikan persyaratan pencairan. Sehingga bisa segera menyerap anggarannya. “Harapan kita semua terealisasi sesuai target, karena namanya DAK itu dipantau Pemerintah Pusat dan punya limit waktu tertentu. Untuk itu kita harus siapkan langkah-langkah antisipasi, karena dalam bulan November, serapan anggaran harus mencapai 70 persen,” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Buton, La Bakry, turut mengingatkan aparaturnya agar kegiatan dan program masing-masing digenjot realisasinya. Dia pun mengakui jika realisasi DAK masih minim. Buton sendiri mendapat jatah DAK tahun ini lebih dari Rp 100 miliar.
“Kita tekankan di DAK juga. Ini kalau terlambat bisa-bisa tidak cair. Tapi saya yakin kepala OPD sudah paham,” katanya.

Instansi pengelola DAK terbanyak di Buton tahun ini adalah Dinas Pendidikan yakni sebesar Rp 52 miliar. Dikonfirmasi soal serapan dana itu, Kepala Dinas Pendidikan, Harmin memastikan pekan ini dana itu sudah masuk. “Kita baru selesaikan administrasinya. Minggu ini sudah cair,” tuturnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy