Olah Arak jadi Hand Sanitizer, La Bakry : Daripada Diminum Mending untuk Cuci Tangan – Kendari Pos
Buton

Olah Arak jadi Hand Sanitizer, La Bakry : Daripada Diminum Mending untuk Cuci Tangan

KENDARIPOS.CO.ID — Penyebaran Covid-19 di Buton membuat daerah itu berada dalam status zona merah. Sekitar 30 pasien positif corona masih dalam perawatan tim medis di gedung karantina. Karena kondisi itu, Bupati Buton, La Bakry, meminta tim gugus tugas untuk memaksimalkan upaya dan usaha membentengi masyarakat dari paparan virus mematikan tersebut. Salah satu cara yang kini diwacanakan Pemkab Buton adalah mengolah arak tradisional menjadi alkohol pencuci tangan.

Bupati mengatakan daerah tetangga seperti Kabupaten Muna sudah membuktikan jika arak lokal dapat diolah menjadi handsanitezer. Bahannya mudah didapat dan pengolahan serta biayanya juga lebih murah. “Apa yang baik dari daerah lain patut dicontoh, kita juga kan punya banyak arak. Kalau lihat yang disita Polres itu jumlahnya cukup banyak, sampai 5 ton. Dari pada diminum, kan lebih bermanfaat untuk cuci tangan,” katanya.

La Bakry mengaku, ketika kunjungan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian baru-baru ini di Kendari, salah satu poin yang ditekankan adalah, Pemda harus punya inovasi dalam melawan Covid-19. “Bahkan tidak hanya droplet sekarang, itu sudah ada di udara, makanya jangan dianggap sepele. Justru kita harus semakin waspada,” lanjutnya.

Dalam pertemuan itu juga, masih kata Buton-1 tersebut, Mendagri mengapresiasi Pemkab Muna dengan olahan arak jadi pencuci tangan itu. “Setelah saya lihat, apa yang dipunya Muna, kameko itu, kita punya juga di sini,” tambah bupati. Makanya, Ia menginstruksikan Tim Gugus Tugas untuk melakukan studi banding di otorita Rusman Emba. Ia mengaku, dana penanganan Covid-19 masih cukup untuk membuat handsanitizer dalam jumlah banyak. “Pak Sekab, coba diperhatikan tentang produsen arak. Kita kondisikan dengan anggaran yang masih ada untuk gunakan,” tandas La Bakry. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy