Minat Baca Pelajar di Konsel Minim – Kendari Pos
Konawe Selatan

Minat Baca Pelajar di Konsel Minim

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel, Subair (tengah) memantau proses belajar para murid di ruang baca.


KENDARIPOS.CO.ID — Kegemaran para pelajar dalam membaca dan menumbuhkan kecintaan pada budaya lokal digalakkan pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Salah satu caranya dengan menggelar lomba bercerita bagi murid SD/MI tingkat kabupaten.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Konsel, AB. Subair, menjelaskan, lomba tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca bagi para pelajar di wilayah tersebut. “Khususnya tentang buku-buku cerita budaya lokal, sejarah dan pahlawan. Termasuk menstimulan pelajar untuk selalu membaca buku,” jelas Subair, kemarin.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata Konsel itu menilai, sejauh ini, tingkat minat baca bagi peserta didik masih sangat minim. Rendahnya minat baca itu dipengaruhi perkembangan teknologi informasi (IT) pada era digitalisasi. Kondisi tersebut memengaruhi kebiasan membaca bagi para pelajar. Baik tingkat SD, SMP maupun SMA.

“Padahal, kebiasaan membaca buku jauh lebih efektif bagi pelajar ketimbang membuka internet atau belajar melalui digital,” pendapat Subair. Perbedaannya, belajar melalui membaca buku, semua yang dipelajari anak didik lebih diingat dan dipahami serta langsung tersimpan di memori otak siswa.

“Sementara dengan melalui digital itu, daya ingat siswa pasif. Hanya pada saat baca saja, setelah itu dilupa,” versinya. Oleh karena itu, pihaknya bersinergi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk menggelar lomba membaca dengan melibatkan semua sekolah yang ada di Konsel. Pihaknya menyediakan hadiah bagi pemenang sekaligus dana pembinaan. Dari hasil seleksi tersebut diharap dpat melahirkan duta berprestasi yang akan mewakili Konsel ke tingkat Provinsi. (c/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy