Mencari Nahkoda Baru, Muswil PAN Berpotensi Aklamasi – Kendari Pos
Politik

Mencari Nahkoda Baru, Muswil PAN Berpotensi Aklamasi


KENDARIPOS.CO.ID — Tak lama lagi Abdurrahman Shaleh (ARS) akan turun tahta sebagai Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Sultra. Kader PAN Sultra kini mencari pemimpin di level provinsi melalui suksesi Musyawarah Wilayah (Muswil) V. Rencananya bakal akan digelar hari ini.

Tuah Abdurrahman Shaleh masih mustajab. Sejauh ini, belum satupun kader PAN yang memproklamirkan diri tampil dipalagan pemilihan ketua PAN Sultra. ARS disebut-sebut tak ada lawan dalam Muswil nanti dan berpotensi terpilih secara aklamasi.

Ketua DPD PAN Wakatobi, Suwandi Andi mengatakan sebelum Muswil digelar telah ada pertemuan secara virtual oleh seluruh kader PAN se-Sultra. Dalam pertemuan itu telah disepakati akan memilih kembali ARS sebagai Ketua DPW PAN Sultra. “Pada prinsipnya ketua-ketua DPD PAN di 17 kabupaten dan kota siap maju dalam pemilihan ketua DPW. Namun, setelah dilakukan diskusi panjang, seluruh kader akhirnya sepakat untuk kembali menunjuk Abdurrahman Shaleh sebagai Ketua DPW PAN Sultra,” ujarnya kepada Kendari Pos, Selasa (28/7) kemarin.

Ketua Komisi III DPRD Sultra itu mengungkapkan kesepakatan seluruh kader dan ketua DPD-DPD telah disampaikan ke DPP PAN di Jakarta. “Tinggal menunggu sikap DPP seperti apa. Karena agenda Muswil adalah pemilihan ketua sekaligus pertanggujawaban pengurus sebelumnya. Jadi kalau disepakati untuk kembali memilih Abdurrahman Shaleh sebagai Ketua PAN Sultra, maka proses Muswil akan berlangsung cepat. Karena, proses yang akan dilakukan tinggal pertanggungjawaban saja,” imbuhnya.

Oleh karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, Muswil V PAN Sultra akan digelar secara daring atau video conference di Swissbell Hotel, Kendari, hari ini Rabu (29/7). “Khusus bagi ketua dan sekretaris DPD-DPD yang berada di Kendari wajib untuk mengikuti Muswil di Swissbell Hotel. Sampai saat ini belum ada konfirmasi soal kehadiran kader di Kendari. Semua menyatakan siap mengikuti Muswil di daerah masing-masing,”tutur Suwandi Andi.

Menurut Suwandi Andi, seremoni pembukaan Muswil V PAN Sultra akan dibuka Ketua Umum DPP PAN, Zulkifi Hasan melalui video conference dan akan dihadiri Gubernur Sultra secara virtual.

Ketua POK DPW PAN Sultra, Sukarman AK menambahkan Muswil juga akan dihadiri langsung oleh pengurus DPP PAN. “Yang hadir langsung dilokasi Muswil adalah Ketua POK DPP PAN Ahmad Mumtaz Rais,” sebutnya.

Soal sikap politik PAN pada agenda Pilkada di Sultra sudah jelas. Namun terkait Pilgub Sutlra nanti, Sukarman belum mau terbuka. Kemungkinan akan disampaikan pada pelaksanaan Muswil V PAN hari ini. “Kalau soal sikap di Pilkada sudah jelas. Termasuk dengan sikap pada Pilgub Sultra, apakah akan mengusung kader sendiri atau seperti apa akan diputuskan dalam Muswil,” ujarnya.

PAN memastikan bakal calon bupati dan wakil bupati yang bakal diusung di tujuh Pilkada di Sultra. Sukarman AK menyebut, PAN mengusung Ridwan Zakariah-Ahali di Pilkada Butur, duet Muh. Endang SA-Wahyu di Konawe Selatan, Raup-Iskandar Mekuo di Pilkada Konawe Utara, Musdar-Ilham di Pilkada Konawe Kepulauan. Sedangkan di Pilkada Kolaka Timur, PAN bakal mengusung Sabaruddin Labamba dan mengusung dr.Baharuddin di Pilkada Muna. Versi Sukarman AK, dukungan PAN di Pilkada Waktobi belum difinalkan.

“Saya sebagai tim pemenangan Pilkada di DPW PAN Sultra mengatakan bahwa belum ada keputusan. Partai masih melakukan kajian dan pertimbangan-pertimbangan siapa yang layak untuk didukung pada Pilkada Wakatobi. Di sana ada tiga bakal calon yakni Arhawi, Haliana dan Febri. Kita akan seleksi siapa yang bena-benar layak dan tentu bisa memenangkan Pilkada 2020,” pungkas Sukarman AK.

Jika pengurus PAN mendesain Muswil berjalan aklamasi dan memilih kembali ARS sebagai Ketua DPW PAN Sultra, maka pengamat politik Sultra, Dr. Bahtiar punya pandangan berbeda. Menurut Dr.Bahtiar, kontestasi Muswil V PAN Sultra akan berlangsung sengit. ARS bakal punya rival yang juga punya nama besar di PAN Sultra. Dia adalah Kery Saiful Konggoasa (KSK). Saat ini menjabat Bupati Konawe.

Figur ARS dan KSK punya sepak terjang politik yang mumpuni. Keduanya memiliki kekuatan politik untuk memenangkan pemilihan. Hitungan Dr.Bahtiar, jika Kery benar-benar tampil digelanggang Muswil, maka suara-suara kader PAN berpotensi besar diraihnya dan muswil berjalan dinamis.

“Tidak berlebihan dikatakan, sosok Kery sangat diunggulkan. Indikatornya bisa dilihat dari napak tilas kepemimpinannya di Konawe selama dua periode, berjalan dengan efektif dan baik-baik saja. Kery di anggap mampu menciptakan kesejahteraan bagi rakyat Konawe. Modal tersebut sangat cukup untuk mengantarkan menggapai tahta Ketua DPW PAN,”kata Dr. Bahtiar kepada Kendari Pos, Selasa (28/7) kemarin.

Di sisi lain, kata dr.Bahtiar, ketokohan Kery di Sultra sedang naik daun. Hal itu dipicu geliat yang dilakukan Kery dalam memerangi pandemi Covid-19. Tak hanya itu, Kery juga tak sungkan membantu meringankan beban ekonomi masyarakat dengan menyuplai kebutuhan primer. Aksi kemanusiaan Kery itu bukan saja dilakukan di Konawe namun termasuk daerah lainnya.

“Momentum ini adalah kesempatan emas bagi Kery. Apalagi jika dirinya berniat maju pada kontestasi Pilgub Sultra Gubernur tahun 2024. Karena dengan menjadi Ketua DPW PAN Sultra, maka dapat menambah kharismatik dan pengaruhnya di mata publik,”tandas mantan Wakil Rektor III Universitas Halu Oleo (UHO) itu. (yog/m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy