Menatap Pilkada Konsel, Endang-Wahyu Penuhi Syarat Pencalonan – Kendari Pos
Politik

Menatap Pilkada Konsel, Endang-Wahyu Penuhi Syarat Pencalonan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan SK rekomendasi kepada Ketua DPD Demokrat Sultra, Muh. Endang SA (kiri) di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, kemarin (29/7).

KENDARIPOS.CO.ID — Duet Muhammad Endang dan Wahyu Ade Pratama mendapat suntikan kekuatan baru di Pilkada Konsel. Mereka menerima mandat dukungan dari DPP Partai Demokrat untuk berlaga pada Pilkada Konsel 9 Desember mendatang. Sebelumnya, mereka telah mengantongi rekomendasi PAN dengan kekuatan di parlemen sebanyak 3 kursi. Sedangkan partai Demokrat memiliki 4 kursi.

Dengan mengantongi dukungan 7 kursi, maka pasangan Endang-Wahyu sudah memenuhi syarat minimal pencalonan di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sesuai regulasi, pasangan calon wajib mengantongi dukungan minimal 20 persen dari jumlah kursi parlemen. Di Konsel ada 35 kursi anggota DPRD. Itu artinya, kalau sudah mengantongi dukungan 7 kursi, syarat minimal sudah terpenuhi.

Bakal Calon Bupati Konsel, Muhammad Endang tak menampik hal itu. Wakil Ketua DPRD Sultra ini mengakui telah menerima Surat Keputusan (SK) tentang rekomendasi DPP Demokrat yang mengusung dirinya bersama Wahyu Ade Pratama di Pilkada. Dukungan dua partai ini saja, sudah bisa menjadi “kendaraan” politik untuk berlaga pada kontestasi pilkada Konsel.

Namun dirinya enggan berpuas diri. Komposisi partai koalisi masih akan terus bertambah. Pihaknya tengah menjalin komunikasi dengan partai lain yang belum punya arah dukungan. “Cepat atau lambat akan ada dukungan baru (parpol). Sehingga, bisa menambah formasi kekuatan,”ungkap Muhammad Endang kepada Kendari Pos, Rabu (29/7)

Ketua DPD Partai Demokrat Sultra itu menambahkan, menatap kontestasi pilkada, ia mengaku sangat optimis untuk memenangkan pertarungan. Kans politik pada akar rumput dan basis-basis suara militannya menjadi sentra kekuatan politik yang nantinya akan menjadi jalan tol meraup suara terbanyak.

“Saya sangat optimis bisa ‘menjuarai’ kontestasi pilkada. Semua strategi politik dari hulu hingga hilir telah diramu sedemikian rupa. Termasuk membaca peta politik lawan dan juga strategi meredam isu-isu negatif. Pada intinya, saya bersama Wahyu Ade Pratama, siap berkompetensi,” tegasnya.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Konsel, Ramlan membenarkan terkait rekomendasi tersebut. Kata dia, secara resmi, Ketua DPD I Partai Demokrat Sultra resmi mendapat rekomendasi dari DPP untuk maju di pilkada. “Kegiatannya tadi (kemarin) di DPP DEmokrat. Fraksi Demokrat menunjuk kader (Endang, red) untuk maju sebagai calon bupati Konsel dan Wahyu Ade Pratama sebagai calon wakil,” jelasnya.

Anggota DPRD Konsel ini menambahkan, dengan dikeluarkannya surat rekomendasi tersebut, dirinya mengharapkan kader Demokrat tingkat bawah untuk bersatu dan siap memenangkan hajatan Pilkada 9 Desember mendatang. “Tentu kita sebagai kader siap all out untuk memenangkan Pilkada nanti. Sesuai petunjuk dan arahan DPP,” tandasnya. (b/kam/m6)

Kursi Parpol di Parlemen Konsel

*Golkar : 6 kursi
*Gerindra : 5 kursi
*PDIP : 5 kursi
*Nasdem : 5 kursi
*Demokrat : 4 kursi
*PAN : 3 kursi
*Hanura : 2 kursi
*PKB : 2 kursi
*PKS : 1 kursi
*PPP : 1 kursi
*PBB : 1 kursi

Total : 35 kursi
Syarat Pencalonan: Minimal 7 kursi
Sumber: KPU Konsel/Diolah Kendari Pos

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy