Mahasiswa KKN UHO Sosialisasi Protokol Kesehatan – Kendari Pos
Edukasi

Mahasiswa KKN UHO Sosialisasi Protokol Kesehatan

Mahasiswa KKN UHO saat melakukan sosialisasi di Kabupaten Konsel pada waktu lalu

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 masih menghantui bangsa ini. Kasus reaktif virus yang bermula di Wuhan ini, terus meningkat setiap harinya. Hal ini dikarenakan masih banyak warga yang tidak mengetahui protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Haluoleo (UHO) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) hadir di tengah masyarakat untuk membantu pemerintah terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19 di era new normal.

Salah satu dosen pembimbing utama dalam KKN Tematik UHO di Konsel, Suryani, S.Farm., M.Sc., mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan guna memberikan edukasi kepada warga sekitar untuk senantiasa memperhatikan bahaya dari virus corona serta memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dalam pengadaptasian diri di kehidupan new normal dengan baik dan benar.

“Penyuluhan yang dilaksanakan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memperhatikan protokol kesehatan dalam era new normal ini, sehingga pencegahan dan pemutusan penyebaran mata rantai covid-19 dapat terlaksana dengan maksimal, yang berdampak pada diri sendiri dan orang sekitar,” ungkapnya pada Kendari Pos, kemarin.

Lanjut dia, penyuluhan ini dilakukan sebagai slaah satu wujud nyata peran mahasiswa terhadap fenomena yang terjadi pada bangsa ini. Di selenggarakan di Desa Konda Satu dengan jumlah mahasiswa yang ikut serta sebanyak 27 orang.

Selain melakukan penyuluhan pihaknya bersama tim juga turut serta melakukn sosialisasi tentang PHBS kepada warga sekitar, pentingnya penggunaan masker yang baik dan benar, bagaimana cara pemanfaatan minyak VCO dan tanaman obat keluarga, serta sosialisasi tentang disinfektan dan antiseptik.

Kegiatan yang diselenggarakan di Desa Konda satu, sebagai wujud nyata peran mahasiswa terhadap isu yang sedang diutamakan saat ini. Masa pandemi tidak menurunkan semangat para mahasiswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dengan jumlah 27 orang ikut serta melancarkan program kerja yang telah dirancang di antaranya sosialisasi tentang PHBS, menggunakan masker yang baik dan benar, pemanfaatan minyak VCO dan tanaman obat keluarga, serta sosialisasi tentang disinfektan dan antiseptik. Selain itu, dirangkaikan dengan pemberian masker dan antiseptik serta minyak VCO ke warga Deso Konda 1, Kabupaten Konawe Selatan.

“Alhamdulillah, saat melakukan penyuluhan kami juga turut serta membagi-bagikan masker dan antiseptik serta minyak VCO ke warga Deso Konda satu, Konsel,” terangnya.

Sementara itu, menurut Koordinator Desa Konda Satu, Aditya Muhammad menuturkan, KKN tematik Tahun 2020 ini sangatlah berkesan. Meskipun terdapat beberapa hambatan yang dikarenakan pandemi Covid-19.
Diakuinya, KKN tematik tersebut dilakukan dengan metode daring (online), baik untuk pembekalan, pelepasan dan diskusi harian. Kendati dilakukan secara online, namun sistem tatap muka tetap dilaksanakan dengan singkat dan memperhatikan protokol kesehatan.

“KKN tematik yang dilakukan dengam sistem daring berlangsung selama 30 hari, dengan 1 hari dikhususkan sebagai hari sosialisasi lapangan secara langsung pada masyarakat,” terangnya.

Sebagai informasi, KKN Tematik UHO Kabupaten Konsel dibimbing oleh Suryani, S.Farm., M.sc. dan dosen pembimbing pendamping, Loly Subhiaty Idrus, S.Farm., M.S.Farm. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy