Lulus 2019, 215 CPNS Buton Belum Diklat Prajabatan – Kendari Pos
Buton

Lulus 2019, 215 CPNS Buton Belum Diklat Prajabatan

KENDARIPOS.CO.ID — Sudah hampir dua tahun mengenakan pakaian dinas, 250 pamong daerah di Buton belum juga resmi menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS). Mereka dinyatakan lolos seleksi CPNS sejak awal tahun 2019 lalu. Namun hingga kini belum mengantongi SK pengangkatan 100 persen karena belum memenuhi syarat wajib yakni mengantongi sertifikat Diklat prajabatan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton, Awaluddin, membenarkan hal itu. ASN Buton yang lulus pada seleksi penerimaan 2018 lalu itu, memang baru dijadwalkan mengikuti Diklat prajabatan tahun ini. Hanya saja waktunya sedikit terlambat karena pandemi Covid-19. “Baru-baru kita kirim ke provinsi, 35 orang. Yang lain menyusul. Kalau tidak ada kendala, Insya Allah tahun ini,” kata Awaluddin.

Kendala dimaksud kata dia mengenai ketersediaan anggaran. Untuk mengukuhkan nomor induk Pegawai (NIP) bagi 215 CPNS itu, pihaknya minimal butuh Rp 1 miliar lebih. “Nanti tanyakan di Keuangan ya. Anggarannya tersedia atau bagaimana, itu butuhnya kurang lebih Rp 1 miliar. Kalau ada, berarti bisa Prajab bulan Oktober nanti,” tambahnya. Sementara itu Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton, Sunardin Dani, mengakui jika sudah mengalihkan dana prajabatan itu ke penanganan covid.

Alasannya, Pemkab memprediksi kegiatan Diklat akan ikut tertunda karena pandemi virus corona. “Dialihkan (dana Prajab) karena diprediksi tidak akan ada kegiatan tatap muka tahun ini. Ternyata sekarang sudah mulai Di BKPSDM Provinsi,” katanya. Sunardin Dani memastikan, dana prajabatan itu akan kembali dianggarkan pada APBD Perubahan di September nanti. Sehingga jadwal pengangkatan CPNS itu tetap bisa dilakukan tahun ini. “Saya dengar sampai bulan 10 agenda Diklatnya. Jadi tetap masih cukup waktu. Dananya akan kita siapkan kembali di APBD Perubahan,” janjinya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy