Lelang Sekab Muna Belum Dianggarkan – Kendari Pos
Muna

Lelang Sekab Muna Belum Dianggarkan


KENDARIPOS.CO.ID — Lelang jabatan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Muna belum akan terlaksana pada tahun ini. Pasalnya, mata anggaran pelaksanaan rekrutmen Jenderal Aparatur Sipil Negara itu belum dialokasikan pada APBD 2020. Jabatan itu dipastikan masih akan kosong hingga akhir tahun mendatang.

Penjabat Sekab Muna, Muh. Djudul, menerangkan, rencana pelaksanaan lelang jabatan setidaknya harus didukung anggaran minimal Rp 500 juta. Biaya itu meliputi keperluan pembentukan panitia seleksi yang akan diisi pejabat dari berbagai latar belakang. Seperti unsur pemerintah provinsi, akademisi dan perwakilan masyarakat.

“Proses lelang itu panjang. Pertama harus bentuk Pansel, lalu pendaftaran dan sebagainya. Hanya saja, untuk memulai pembentukan Pansel, harus ada anggarannya dulu. Paling Rp 500 juta sampai Rp 600 juta. Masalahnya, dana untuk itu belum ada di APBD,” jelasnya, kemarin.

Staf Ahli Gubernur Sultra itu menjelaskan, Pemkab Muna memang berencana menggelar seleksi jabatan Sekab pada tahun ini. Kemungkinan anggaran pelaksanaanya baru akan dimasukkan melalui APBD Perubahan 2020. Jika terealisasi, pejabat Sekab yang defenitif hasil lelang bisa dilantik awal tahun depan. “Kalau proses lelangnya tidak lama. Terpenting itu ada anggaran dan Pansel terbentuk dulu,” ujarnya.

Ia menuturkan, meski tidak dipimpin Sekab defenitif, pelaksanaan pemerintahan daerah saat ini tetap berjalan optimal. Seluruh tugas birokrasi dijalankan dengan baik. Fungsi koordinasi antar lini birokrasi tetap bisa dikontrol oleh Pj Sekab. “Kewenangan kan sama. Hanya memang amanah undang-undang harus ada lelang,” argumen Djudul.

Posisi Sekab Muna memang tidak lagi diisi pejabat defenitif sejak medio 2019 lalu. Sebaliknya, tugas dan tanggung jawab pimpinan birokrasi itu secara bergantian dilaksanakan Ali Basa dan Muh. Djudul, masing-masing lewat dua kali masa perpanjangan masa tugas. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy