KPU Konkep Verifikasi 3.123 KTP Dukungan Perbaikan – Kendari Pos
Politik

KPU Konkep Verifikasi 3.123 KTP Dukungan Perbaikan

Ketua KPU Konkep, Iskandar (dua dari kiri) saat menerima penyerahan syarat dukungan perbaikan calon perseorangan dari bakal calon bupati jalur perseorangan, Abdul Halim

KENDARIPOS.CO.ID — Deadline perbaikan syarat dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur perseorangan di Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep) telah berakhir. Abdul Halim-Untung Taslim, pasangan calon independen resmi menyerahkan 3.123 Kartu Tanda Penduduk (KTP) dukungan perbaikan kepada KPU Konkep, kemarin (27/7).

Pasangan berakronim “FAJAR BARU” itu diantar ratusan simpatisannnya untuk menyerahkan kekurangan KTP dukungan syarat pencalonan. Sebelumnya, hasil verifikasi faktual syarat dukungan, Abdul Halim-Untung Taslim kekurangan 413 KTP dukungan untuk memenuhi ambang batas jalur independen. “Saya optimis lolos syarat pencalonan. Ada 3.123 KTP yang kita masukan di KPU Konkep untuk dilakukan verifikasi,” kata Abdul Halim usai keluar dari Sekretariat KPU Konkep.

Sementara itu, Ketua KPU Konkep, Iskandar mengungkapkan, syarat berkas perbaikan bakal pasangan calon perseorangan, Abdul Halim-Untung Taslim telah sampai di KPU. Sebanyak 3.123 KTP dukungan yang akan diverifikasi administrasi, mulai 27 Juli hingga 4 Agustus 2020. “Mari kita kawal bersama-sama tahapan Pilkada ini,” pintanya.

KTP dukungan perbaikan Abdul Halim-Untung Taslim tersebar di tujuh kecamatan. Masing-masing Wawonii Barat 739, Wawonii Tengah 253, Wawonii Utara 447, Wawonii Selatan 585, Wawonii Tenggara 474, Wawonii Timur 314 dan Wawonii Timur Laut 311. “Jumlah dukungan perbaikan yang diserahkan pasangan calon perseorangan, sudah memenuhi dari jumlah yang dipersyaratkan. Kalau kita lihat PKPU dan undang-undang 10 tahun 2016, jika terjadi kekurangan, maka pasangan calon harus menyerahkan mininal dua kali lipat dengan jumlah kekurangan,” ujarnya.

Untuk diketahui, langkah Abdul Halim-Untung Taslim untuk berlaga di Pilkada masih membutuhkan 413 KTP dukungan yang memnuhi syarat (MS). Saat verifikasi faktual beberapa waktu lalu, “FAJAR BARU” hanya mengantongi 2.114 KTP dukungan yang memenuhi syarat dari 2.921 KTP yang diverifikasi. “Kalau 3.123 syarat perbaikan semua lolos verifikasi administrasi, maka semuanya akan kita lakukan verifikasi faktual. Syarat pencalonan maju di Pilkada Konkep jalur perseorangan harus megantongi mininimal 2.527 KTP yang memenuhi syarat,” tandas alumni FKIP UHO itu. (san/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy