KPAI Pertanyakan Kurikulum Adaptif dari Kemendikbud – Kendari Pos
Nasional

KPAI Pertanyakan Kurikulum Adaptif dari Kemendikbud


KENDARIPOS.CO.ID — Tahun ajaran baru 2020/2021 sudah berjalan selama dua minggu. Namun, problem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) fase kedua masih sama dengan pelaksanaan PJJ di fase satu.

Sejumlah anak belajar dari rumah di Kampung Mangkubumen,Kartasura

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Bidang Pendidikan Retno Listyarti, mengatakan mayoritas sekolah masih menyusun daftar mata pelajaran seperti sebelum pandemi. “Anak kelas 1 SD masih dijadwalkan belajar dari jam 7.30 sampai 12.00 WIB. Para siswa juga asih wajib kirim foto dan video, kewajiban berseragam selama PJJ pun tetap diberlakukan banyak sekolah,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (27/7).

Penjadwalan jam belajar yang lama dan berbagai tugas sekolah yang berat masih dirasakan para siswa. Hal ini terjadi karena kurikulum 2013 masih diberlakukan tanpa ada penyederhanaan dan jauh dari bersifat adatif.

“Belum ada pengurangan Kompetensi Dasar (KD) dan materi esensial, sehingga wajar kalau beratnya PJJ fase satu kembali terulang di fase kedua ini. Beban guru, siswa, dan orangtua sebagai pendamping anak belajar belum dikurangi,” tuturnya.

Krisis pandemi ini, bagi pendidikan sangat krusial, karena melalui pendidikan kualitas generasi bangsa dapat ditingkatkan. Pandemi ini juga memicu kriris multi dimensi yang mengubah kehidupan anak-anak pada masa pandemi.

“Para orangtua cemas terhadap efek jangka panjang pada anak-anak akibat terisolasi di rumah, kehilangan hak bermain, kesempatan bersosialisasi dan terlalu lama beristirahat dari kegiatan akademik dan ekstrakurikuler di sekolah,” tambahnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan (Balitbangbuk) Kemendikbud Totok Suprayitno mengatakan, pihaknya telah menyederhanakan cakupan materi per mata pelajaran. Disiapkan pula modul-modul untuk memudahkan siswa belajar mandiri. Terutama untuk mereka yang berada di zona 3T. ’’Modul ini nanti dibagikan oleh dikdasmen,’’ katanya. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy