KKN Tematik UHO Kenalkan Produk VCO, Cegah Covid-19 – Kendari Pos
Edukasi

KKN Tematik UHO Kenalkan Produk VCO, Cegah Covid-19

KENDARIPOS.CO.ID — Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO), mengenalkan produk sederhana yang bisa menjadi pilihan untuk menangkal Covid-19. Produk bernama virgin coconut oil (VCO) itu menjadi salah satu andil kampus dalam upaya penerapan new normal di tengah masyarakat.

Mahasiswa mengenalkan VCO dengan menggelar pelatihan di Kantor Kelurahan Laiworu, Kecamatan Batalaiworu. Pesertanya dihadiri unsur pemerintah dan masyarakat setempat. Produk VCO dipilih karena bahannya mudah dijumpai dan teknik pengolahannya tidak terlampau sulit. Kegunaannya juga sangat dibutuhkan masyarakat dalam menghadapi situasi saat ini.

“Bisa dibuat sendiri di rumah. Sangat cocok untuk menghadapi new normal. Apalagi ini juga sedang dikembangkan secara nasional,” kata Siti Rosnawati, Ketua Tim KKN Tematik UHO di Muna.

Pelatihan pembuatan VCO merupakan program yang disusun Risnawati dan 25 mahasiswa lain dari program studi Farmasi dan Kesehatan Masyarakat selama mengikuti KKN Tematik di Muna sejak 13 Juni hingga 13 Juli mendatang. Selain VCO, mahasiswa juga ikut menyosialisasikan perilaku hidup bersih dan sehat di masa new normal kepada masyarakat. Sasaran utama KKN itu ialah untuk memantik kesadaran masyarakat dalam mencegah pandemik. “Kami buat program menyesuaikan dengan kondisi. Supaya manfaatnya lebih terukur,” jelasnya.

Vica Aspadiah, Dosen Pembimbing KKN tersebut ikut menerangkan, VCO atau minyak kelapa yang dikenalkan mahasiswa memiliki kandungan asam larut dan kasrilat serta antioksidan yang tinggi. Kegunaanya membantu meningkatkan imun tubuh dan menangkal virus. VCO lebih sehat dibanding minyak kelapa umumnya karena diekstraksi tanpa proses pemanasan. Cara pembuatannya hanya dengan mengambil santan kelapa dan didiamkan beberapa waktu untuk disuling minyak beningnya. “Selain baik untuk antibody, juga bisa menjadi pelembab wajah,” terangnya.

Wakil Dekan Fakultas Farmasi, UHO Henny Kasmawati yang juga menjadi pendamping utama KKN Tematik UHO tersebut menerangkan, mahasiswa didorong menjalankan fungsi risetnya ditengah bencana krisis kesehatan saat ini. Tema KKN memang mengangkat isu new normal ditengah pandemik agar program itu tidak sekedar formalitas. Selain pengenalan produk VCO, mahasiswanya juga ikut membagikan hand sanitizier, anti septik dan sosialisasi penggunaan masker. “KKN ini menyusun program yang bisa berperan di mitigasi dan adaptasi dalam pandemik sesuai arahan rektor,” terangnya.

Ia berharap, kontribusi KKN Tematik dapat dirasakan pemerintah dan masyarakat. UHO kata dia, secara konsisten melakukan penelitian untuk menjawab isu teraktual di masyarakat termasuk masalah kesehatan. Hal itu menjadi wujud peranan kampus sebagai lembaga pendidikan dan riset. “Civitas akademi UHO akan terus membantu melahirkan inovasi ilmiah untuk mengatasi krisis ini,” tuturnya.

Kehadiran KKN UHO diapresiasi oleh pemerintah Kabupaten Muna melalui Lurah Laiworu Rezki Rianto dan Camat Batalaiworu, Aswin. Kedunya berharap sinergi pemerintah dan lembaga pendidikan terus terjalin untuk pengembangan riset dan penelitian berkenaan dengan bencana kesehatan saat ini. (b/Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy