KKN Tematik UHO Edukasi Aparat Desa Susun Realokasi Anggaran – Kendari Pos
Edukasi

KKN Tematik UHO Edukasi Aparat Desa Susun Realokasi Anggaran

Tim KKN Tematik UHO di Konsel yg dipimpin Prof. Dr. H. Arifuddin Mas’ud, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA., saat mendampingi mahasiswa KKN Tematik bertemu langsung Camat Konda Asdiana S.E. Kegiatan ini tetap mengutamakan standar protokol kesehatan Covid-19.

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 yang sedang melanda negeri ini, memberikan dampak bagi pelaku usaha yang mengalami disrupsi aktivitas usaha yang tidak lagi berada dalam kondisi yang normal (business as usual), khususnya kegiatan usaha masyarakat yang ada di pedesaan. Pemerintah pun melakukan berbagai cara sebagai langkah pencegahan dan penanganan dampak Covid-19, melalui refocusing kegiatan dan realokasi anggaran termasuk dana yang dikelola oleh pemerintah desa guna memitigasi dampak ekonomi Covid-19 di wilayah pedesaan.

Adanya refocusing dan realokasi anggaran yang dikelola oleh pemerintah desa menjadi perhatian sendiri bagi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Halu Oleo (UHO) untuk turut memberikan edukasi kepada aparat desa yang ada di Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam hal menyusun perencanaan dan penganggaran desa yang mengintegrasikan risiko ekonomi akibat pandemi covid-19 kedalam proses penyusunan, luaran dan manfaatnya.

Ketua Tim KKN UHO Kabupaten Konsel, Prof. Dr. H. Arifuddin Mas’ud,SE.,M.Si.,Ak.,CA.,ACPA., mengatakan, mewabahnya Covid-19 tentu memberikan perubahan yang cukup signifikan dalam hal penyusunan anggaran pada pemerintah daerah dalam hal ini pada tingka Kecematan, Pedesaan hingga ditingkat kelurahan. Terlebih lagi adanya refocusing kegiatan dan realokasi anggaran di tengah Covid-19. “Di awal tahun 2020 itu, sebenarnya pemerintah daerah sudah menyusun program dan kegiatan terkait perencanan dan penganggaran untuk tahun 2020. Namun, dikarenakan pada awal Maret terjadi Covid-19, secara otomatis penyusunan anggaran mengalami perubahan. Untuk itu, kita hadir memberikan edukasi kepada aparat desa terkait cara penataan usaha keuangan daerah direngah Covid-19,” ungkapnya pada Kendari Pos, Senin (20/7).

Lanjut dia, pemerintah desa di Kecamatan Konda juga berhadapan dengan problem spesifik perihal keterbatasan kemampuan aparatur desa dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJMDes) serta anggaran dan pendapatan desa (APBDes), terutama dalam upaya memitigasi risiko bencana termasuk dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Serta dalam mengintegrasikan perspektif kebencanaan dalam penganggaran desa.

“Saat ini, penyusunan seluruh dokumen perencanaan dan penganggaran di beberapa desa meski telah dilaksanakan secara prosedural namun fokus perencanaan pembangunan desa belum mencerminkan ragam solusi subtantif atas permasalahan aktual warga,” katanya.

Melalui kegiatan KKN Tematik ini hadir di Kecematan Konda dengan tujuan, membantu pemerintah desa untuk menyusun
perencanaan dan penganggaran desa yang mengintegrasikan risiko ekonomi akibat pandemi covid-19 kedalam proses penyusunan, luaran dan manfaatnya. Serta menyusun panduan atau protokol kerja sehat bagi pelaku usaha masyarakat desa semi-urban di Kecamatan Konda. “Pemberian edukasi ini kita lakukan sepenuhnya secara Daring. Guna mematuhi imbauan larangan berkumpul dan jaga jarak yang sedang digaungkan oleh pemerintah,” tuturnya.

Sebagai informasi, KKN Tematik ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Arifuddin Mas’ud, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA, Dr. Syamsir Nur, SE.,M.Si., dan Dr. La Ode Anto, SE., M.Si., Ak, QIA,CA, serta Nitri Mirosea, SE.,M.Si., M.Acc., Ph.D. (b/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy