KKN Tematik FEB UHO, Latih Masyarakat Desa Bajo Indah Berdagang Online – Kendari Pos
Edukasi

KKN Tematik FEB UHO, Latih Masyarakat Desa Bajo Indah Berdagang Online

Prof Dr Nurwati, M.Si., (Tengah) saat memberikan pelatihan penjualan ikan berbasis online di Desa Bajo Indah, Kec Sampara, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda sebagian besar wilayah Sultra bukan jadi penghalang civitas akademika Universitas Haluoleo (UHO) dalam mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi. Teranyar, melalui Tim KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), para civitas akademi dikampus hijau itu melaksanakan KKN Tematik di Desa Pesisir Kampung Bajo Indah Kecamatan Soropia.

KKN Tematik yang dilaksanakan didesa tersebut mengusung tema “Pelatihan Penjualan Ikan Berbasis Online untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat Nelayan yang terdampak Covid-19” yang dibimbing langsung
Prof. Dr. Nurwati, S.E., M.Si., Dr. La Ode Bahana Adam, S.E., M.M., Dr. La Ode Asfayahdin, S.E., M.Si., dan Dr. Sinarwati, S.E., M.Si.

Dalam pelaksanannya, KKN Tematik tahun ini dibagi menjadi beberapa tim. Dimana tiap timnya terdiri dari 20-25 orang. Ada yang bertugas melaksanakan KKN secara daring (online) juga secara offline yaitu dengan turun langsung ke lokasi penelitian secara bergilir guna untuk meninjau langsung kegiatan yang masyarakat desa Bajo Indah.

“Pelaksanaannya tentu menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, membawa handsanitizer, dan berjarak 1-2 meter satu sama lain untuk menghalau penyebaran rantai covid-19,” ujar Prof. Nurwati, Pembimbing Tim KKN Tematik FEB UHO 2020, kemarin.

“Saya juga instruksikan mahasiswa untuk mengunjungi lokasi penelitian yaitu untuk memberikan pemahaman menggunakan media Online yang nantinya akan membantu mereka dalam berkomunikasi dengan melalui interaksi secara Online,” tambahnya.

Lebih lanjut Prof Nurwaty menjelaskan bahwa pentingnya memahamkan mereka menggunakan media online tidak lain untuk mengkoneksikan mahasiswa dengan masyarakat Desa Bajo Indah dalam proses pelatihan ini. Adapun media online yang diajarkan yaitu aplikasi Zoom untuk memudahkan mereka (masyarakat bajo) berinteraks dalam pelatihan penjualan berbasis online ini.

“Di Desa Bajo Indah masih sangat minim aktifitas penjualan yang menggunakan Internet sehingga terkadang mereka sangat tertinggal dalam memperoleh penghasilan. Untuk daerah kecamatan Soropia ada beberapa daerah yang menjual secara online namun bukan di daerah Desa Bajo Indah ini sehingga rata-rata hasil tangkapan laut mereka diserahkan kepada Pelelangan dari kapal khusus penangkapan ikan sehingga mereka tak sempat menjualnya secara mandiri,” terang Nurwaty.

Nah, maka dari itu untuk mengingatkan pendapatan, lanjut Nurwaty, selain para nelayan yang bekerja dikapal pengangkapan ikan mereka juga bisa menjualnya secara online dengan hasil tangkapan mandiri.

“Jadi tujuan kami datang kesini yaitu untuk membantu masyarakat desa Bajo Indah untuk meraup pendapatan yang lebih tinggi dengan menjual hasil tangkapan ikan secara mandiri melalui online, karena saya lihat disini tangkapan ikan Desa Bajo Indah sangat potensial untuk mendapatkan untung lebih jika tau cara menjual secara online” pungkas Guru Besar FEB UHO itu. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy