KK dan Akta Lahir Bisa Dicetak Sendiri – Kendari Pos
Wakatobi

KK dan Akta Lahir Bisa Dicetak Sendiri


KENDARIPOS.CO.ID — Kebutuhan kertas cetak kartu keluarga (KK) hingga akta lahir di kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), akan mulai berkurang. Kini ada kebijakan, warga dapat mencetak sendiri akta lahir, KK hingga surat pindah domisili dengan menggunakan kertas A4. Hal tersebut sudah diberlakukan, termasuk di Wakatobi. Bahkan sudah banyak warga yang telah mencetak sendiri dokumen-dokumen penting tersebut.

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, menyebut meski kebijakan cetak sendiri di rumah sudah dilakukan, bukan berarti pelayanan terkait hal itu ditiadakan. Seban tidak sedikit warga masih mengandalkan pihak Dinas Dukcapil Wakatobi untuk mencetak dokumen yang dibutuhkan.

“Tetap kita cetak di sini, tapi kecuali untuk masyarakat yang belum memiliki email atau di daerahnya jaringan internet kurang mendukung. Tapi kalau tidak bermasalah atau sudah memiliki email dan jaringan bagus maka bisa cetak sendiri,” ungkap Abdul Rahim, Minggu (12/7).

Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mulai merealisasikan kebijakan tersebut. Apalagi langkah itu dinilai justru lebih memudahkan masyarakat sehingga tidak bolak-balik ke Disdukcapil hanya untuk mengurus satu dokumen. “Kalau semua dokumennya sudah terpenuhi, maka tinggal dikirim melalui email yang bersangkutan. Nomor teleponnya juga harus disertakan agar mudah dihubungi. Jadi, di sini (Disdukcapil) yang dicetak tentu KTP dan dokumen lain, di luar akta, KK hingga pindah domisili,” bebernya.

Sementara itu, pihak Dukcapil Wakatobi saat ini tengah kehabisan stok blangko KTP-el. Kendati demikian, pihaknya tetap membuka pelayanan perekaman dan warga diberikan surat keterangan (Suket). Jika blangko telah tersedia maka warga akan dihubungi agar segera mengambil KTP-el. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy