Kinerja Berbuah Prestasi, Bupati Koltim dan Butur Raih WTP – Kendari Pos
Nasional

Kinerja Berbuah Prestasi, Bupati Koltim dan Butur Raih WTP

LHP LKPD Diganjar Opini Wajar Tanpa Pengecualian
KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah dan Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan semringah. Pemerintahan yang mereka kendalikan kembali menorehkan prestasi bergengsi dalam tata kelola keuangan dan aset daerah. Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) Laporan Pemeriksaan Keuangan Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019, Pemkab Koltim dan Butur diganjar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sultra, M. Ali Asyhar secara langsung mengundang Bupati Koltim, Tony Herbiansyah dan Bupati Butur Abu Hasan serta menyerahkan opini WTP, Selasa (30/6). Jika Bupati Koltim Tony Herbiansyah sukses mempertahankan opini WTP tahun sebelumnya dan meraih WTP kedua, maka Bupati Butur, Abu Hasan telah mengoleksi WTP ketiga sejak tahun 2018 untuk tahun anggaran 2017. Disusul tahun 2018, atas LHP LKPD tahun anggaran 2019.

M. Ali Ashyar mengapresiasi kinerja Pemda Koltim dan Butur karena bisa menyelesaikan laporan keuangan dan rekomendasi BPK tepat waktu. “Saya berharap Bupati Koltim dan Butur terus mengambil langkah sesuai dengan rencana aksi yang telah ditetapkan,” ujarnya saat penyerahan WTP di kantor BPK Sultra, kemarin.

Opini WTP yang dicapai bisa dipertahankan dengan catatan dapat menindaklanjuti setiap rekomendasi dari BPK. “Pengelolaan keuangan daerah wajib dilaporkan kepada BPK, sebagaimana amanah konstitusi. Ada juga kewajiban menyampaikan ke DPRD setelah hasil audit dilakukan oleh BPK,” kata Ali Asyhar.

Pemeriksaan atas LKPD bertujuan untuk mendapatkan opini kewajaran dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Opini yang diberikan merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan informasi pengelolaan keuangan.

Sementara itu, Bupati Koltim Tony Herbiansyah mengatakan sukses yang diraih didedikasikan untuk jajaran Pemkab dan masyarakat Koltim. Dia mengapresiasi kinerja para ASN dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Koltim yang bekerja profesional menjalankan pemerintahan yang baik dan mengedepankan transparansi. Terutama dalam mengatur APBD dan aset pemerintah daerah yang harus disesuaikan dengan standar pelaksanaan prosedur dan arahan BPK RI Perwakilan Sultra.

Dia menekankan pelaksanaan APBD tepat sasaran, transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan. Sehingga perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan keuangan harus dijalankan secara penuh hati-hati dan cermat. “Alhamdulillah, catatan rekomendasi tahun 2019 sudah kita tindak lanjuti dan tuntaskan. Kepada para ASN yang telah berkontribusi atas pelaporan LKPD ini, saya ucapkan terima kasih dan teruslah bekerja tanpa pamrih demi daerah dan masyarakat Koltim,” ujar Tony Herbiansyah kepada Kendari Pos, Selasa (30/7) kemarin.

Mantan Wakil Bupati Konawe itu menegaskan pesoalan aset Pemkab Koltim telah dituntaskan. Aset hibah dari Pemkab Kolaka sudah ditelusuri dan didata sesuai arahan BPKP. “Syukur alhamdulillah, telah ada titik temu dan selesai. Kami proses aset kolaka yang ada di Koltim dan aset Kolaka kita kembalikan. Sebenarnya lebih sulit mempertahankan WTP ini. Tapi saya berjuang memberikan motivasi kepada OPD selalu bekerja secara profesional. Dengan WTP kedua ini, hendaknya menjadi spirit dalam membangun daerah kita,” imbuh Tony Herbiansyah didampingi Ketua DPRD Koltim Suhaemi, Kepala BPKPD Koltim, Martha S.Hutapea, Plt. Kepala Inspektorat Koltim, Balwik Sirait dan Kadis Kominfo Koltim I Nyoman Abdi.

Sementara itu, Bupati Butur Abu Hasan mengatakan pencapaian tersebut adalah hasil kerja keras dan kesungguhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Butur dalam pelaporan keuangan daerah. “Meraih predikat WTP cukup berat, dan raihan ini bukan akhir melainkan awal untuk kami terus berusaha melakukan yang terbaik. Pembenahan terus kita lakukan secara terstruktur,” ungkapnya.

“Kita berharap WTP bukan hanya sebatas simbolistik, opini ini bukan sekadar seremonial belaka, tetapi ini menjadi pendorong dan pemicu dalam menata kelola aset dan keuangan daerah agar lebih baik lagi,” imbuh Ketua PDI-Perjuangan Sultra itu.

Memperoleh WTP ketiga kalinya, Abu Hasan berusaha agar perolehan opini WTP setiap tahunnya semakin berkualitas. Strategi yang digunakan yakni pertama membenahi sumber daya manusia, yang menjadi faktor utama keberhasilan dalam meraih WTP. Dalam hal ini yang terlibat langsung mengelola keuangan daerah. Mulai dari tingkat paling dasar hingga tingkat teratas.

Selain itu, Pemkab Butur konsentrasi pada pemanfaatan IT, karena hampir semua transaksi dan mekanisme berbasis sistem IT. “Integritas semua pejabat terutama pimpinan OPD sangat menentukan keberhasilan dalam mengelola anggaran, karena merekalah yang secara langsung mengawal jajaran dan stafnya untuk berkomitmen memberikan laporan keuangan, sehingga laporan itu terakumulasi dan menjadi dasar pemeriksaan pengelolaan suatu anggaran,” jelasnya.

Lebih lanjut Abu Hasan berkomitmen akan menindaklanjuti catatan sesuai arahan BPK yang merujuk pada peraturan perundang-undangan yakni 60 hari. “Tentu rekomendasi dari BPK akan segera ditindaklanjuti secepatnya agar laporan keuangan daerah bisa lebih mendekati sempurna,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Pj Sekda Butur, Budianti Kadidaa mengungkapkan rasa syukurnya. Dirinya selaku ketua tim anggaran merasa sangat gembira atas kerja keras jajaran Pemkab Butur sehingga sukses meraih opini WTP. “Ini merupakan apresiasi sangat baik yang diberikan oleh BPK, dan ini merupakan hasil kerja keras bersama antara tim anggaran dalam hal ini dari Badan Keuangan dan Aset Daerah serta Inspektorat bersama seluruh jajarannya, yang pada akhirnya berbuah WTP untuk ketiga kalinya. Namun bukan berarti kerja untuk pengawasan dibidang keuangan ini berhenti. Justru menjadi tantangan kami bekerja lebih keras lagi,” ungkapnya. (m2/kus/b)

Menjadi Tantangan Bekerja Lebih Keras

Grafis :
Pemkab Koltim
2020 : WTP LHP LKPD tahun anggaran 2019
2019 : WTP LHP LKPD tahun anggaran 2018

Pemkab Butur
2020 : WTP LHP LKPD tahun anggaran 2019
2019 : WTP LHP LKPD tahun anggaran 2018
2018 : WTP LHP LKPD tahun anggaran 2017

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy