Ketahanan Diri Remaja Sultra Rangking 8 – Kendari Pos
Metro Kendari

Ketahanan Diri Remaja Sultra Rangking 8

KENDARIPOS.CO.ID — BNNP Sultra telah melakukan pemetaan terhadap remaja di Sulawesi Tenggara pada ketahanan diri mereka terhadap penyalahgunaan Narkoba. Hasilnya Sultra masuk rengking 8 di tingkat nasional. Hal tersebut diungkapkan Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol.Ghiri Prawijaya dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di instansi pendidikan, Rabu (29/7).

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol.Ghiri Prawijaya, pose bersama
peserta bimbingan tehnis P4GN di instansi pendidikan

Peringat tersebut menurut Kepala BNNP Sultra bila remaja Sultra masih kuat ketahanan diri untuk melawan bujuk rayuan pengedar Narkoba. Ini semua adalah kerja keras dari para guru di sekolah dan orang tua di rumah. Dalam hal ini guru merupakan garda terdepan didalam implementasi P4GN ini. “Tugas guru tidak hanya mendidik, tetapi juga harus menjadi teladan bagi murid.Mereka merupakan garda terdepan di sekolah untuk mendidik murid agar menjadi sehat jasmani dan rohani sehingga diharapkan murid tidak akan terjerumus dalam pengaruh Narkoba. Harapannya agar guru menjadi contoh, menjadi teladan dan mengkader murid-murid agar menjadi penggiat anti narkoba di lingkungan sekolah masing-masing,” terang Ghiri.

Menurutnya permasalah Narkoba bila tidak ditanggulangi dapat digunakan sebagai selahs atu senjata Proxy WAr untuk melumpuhkan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. “Masalah yagn ditimbulkan Narkoba akanterus menggerogoti bangsa dari hulu sampai hilir. Dari generasi ke generasi menjadi ancaman besar bagi bonus demografi bangsa Indonesia pada tahun 2030 mendatang, dengan kehancuran generasi muda sebagai penerus estafet perjuangan bangsa,” paparnya.

Dalam mengatasi permasalah narkoba diperlukan strategi khusus, yaitu keseimbangan penegakan antara pendekatan penegakan hukum dan pendekatan kesehatan. Pendekatan hukum guna memutus mata rantai pemasok mulai dari produsen sampai pada produsen hingga jariangan pengedar. Kemudian untuk pendekatan kesehatan guna memutus mata rantai para pengguna untuk mendapatkan rehabilitasi. “Selain itu pemberdayaan masyarakat harus optimal untuk turut serta aktif dalam penaggunalangan permasalahan Narkoba,” pungkasnya. (adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy